Dari Tahun 2006, Pengelola Pasar Basah Tak Beri Kontribusi ke PAD – Kendari Pos
Metro Kendari

Dari Tahun 2006, Pengelola Pasar Basah Tak Beri Kontribusi ke PAD

KENDARPOS.CO.ID — Pengelola Mall Pasar Basah Mandonga bakal dievaluasi. Selama menjalin kerja sama dengan Pemkot, pihak pengelola yakni PT Kurnia diduga belum memberi sumbangsih bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal kerja sama telah dimulai sejak tahun 2006 silam. Hal itu terungkap saat rapat dengar pendapat (RDP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari bersama Pengurus Kerukunan Pedagang Pasar Mandonga (KP2M) Kendari serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Ketua Komisi II, Sahabuddin mengatakan, sejak menjalin kerja sama dengan PT Kurnia selaku pengelola pasar dari tahun 2006 dan akan berakhir 2023 nanti, sepeserpun tidak ada pemasukan PAD yang didapatkan pemkot.
“Saya kira ini memang harus ditindaklanjuti secara bersama, yang pertama masalah pengelolaan parkir, seharusnya pihak pengelola tidak mempihakketigakan, tapi harus sesuai dengan MoU memang harus dikelola PD pasar. Kita harapkan tidak ada pembiaran dari pemerintah kota,” terang Sahabuddin.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) Kendari, Sri Yustina tak menepis hal itu. Menurutnya, kerja sama yang dijalin hanya sebatas dikontrakan saja, tanpa ada kontribusi yang didapatkan untuk Pemkot. Termasuk parkir yang juga tidak ada kontribusi untuk PAD. “Bapenda sama sekali tidak diberi ruang untuk mengelola pasar. Bahkan untuk tahun 2021 itu akan dialihkan kepada Dinas Perdagangan (Perindag),” ujar Kepala Bapenda Kota Kendari, Sri Yusnita.

Disisi lain, Ketua KP2M Asis Kaisman menjelaskan manajemen PT Kurnia sudah bermasalah. Mulai dari pengelolaan hingga bentuk tanggung jawab yang baik terhadap para pedagang. Untuk itulah, DPRD dalam waktu dekat akan turun kelapangan guna meninjau kondisi nyata yang ada di Pasar Mandongga. “Pihak pengelola (PT Kurnia) tidak memiliki inovasi-inivasiyang baik untuk memperbaiki kondisi pasar Mandongga saat ini. Bahkan aliran listrik dan ketersediaan lahan parkir dipasar tidak diperdulikan juga, malahan tempat parkit dipihak ketigakan,” terangnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy