Dana Refocusing Baru Digunakan Rp 3 Miliar – Kendari Pos
Konawe

Dana Refocusing Baru Digunakan Rp 3 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Sejak pandemi Covid-19 melanda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melakukan pengalihan anggaran pada setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Penyesuaian anggaran itu dimaksudkan untuk membiayai kegiatan dalam rangka penanganan wabah. Dana Rp 109 miliar terkumpul dari refocusing anggaran di Pemkab Konawe tersebut. Dari nominal sebesar itu, ternyata baru Rp 3 miliar yang terpakai untuk membiayai segala kegiatan berkaitan penanganan wabah.

Kery Saiful Konggoasa

Hal itu diungkapkan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Selasa (29/9). Ia menyebut, dana penanganan Covid-19 belum banyak terpakai dan baru terealisasi sekira Rp 3 miliar. Hanya saja, Kery tak menjelaskan secara detail terkait alokasi dana yang sudah terpakai tersebut.
“Yang jelas, anggaran kita sudah siapkan. Cuma kita juga ukur situasi dan perkembangan wabah di daerah. Kita bersyukur banyak bantuan juga datang dari provinsi maupun pusat,” ujar mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Kery menambahkan, dana refocusing tersebut tidak bisa digunakan sepenuhnya untuk menjaga kemungkinan kalau terjadi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Konawe. Dari Rp 109 miliar dana penanganan Covid-19 di Konawe, Rp 75 miliar memang disiapkan sebagai jaring pengaman sosial (JPS) jika terjadi PSBB. “Namun belum digunakan. Intinya Pemkab siap. Cuma nanti terkait penggunaan dana itu, kita akan bicarakan lagi,” tambah Kery S Konggoasa.

Konawe-1 tersebut juga menuturkan, segala kebutuhan pengadaan dan pembelanjaan barang dalam rangka menangani pandemi harus terus dikonsultasikan dengan GTPP Covid-19 Konawe. Entah itu pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis ataupun fasilitas pendukung lainnya. “APD nanti kita bantu, semua bisa. Tinggal komunikasi. Jangan hari ini mengeluh, besok mau datang barangnya. Pasti ada proses dulu. Yang jelasnya, terkait penganggaran saya serahkan kepada Sekretaris Kabupaten Konawe selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” tandas Kery S Konggoasa. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy