Ciptakan Pilkada Aman dan Sehat, Polres Muna Deklarasi Damai – Kendari Pos
Muna

Ciptakan Pilkada Aman dan Sehat, Polres Muna Deklarasi Damai

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi kerawanan jelang Pilkada Muna mulai diantisipasi oleh jajaran Polres Muna. Mitigasi mulai disiapkan salah satunya melalui kegiatan Deklarasi Damai di pelataran Polres Muna. Seluruh pihak, bekerjasama menjaga kondusifitas daerah dan menciptakan Pilkada yang sehat.

Deklrasi damai diikuti dua kontestan Pilkada Muna 2020 yakni Bakal Calon Bupati Muna LM Rusman Emba dan Bakal Calon Wakil Bupati Muna Bahrun Labuta. Termasuk, Bakal Calon Wakil Bupati Muna La Pili. Sedangkan Bakal Calon Bupati Muna LM. Rajiun Tumada tidak hadir. Turut hadir pengurus partai politik pengusung dan masing-masing liason officer.

Kapolres Muna AKBP Debby Asri Nugroho memimpin pembacaan ikrar deklarasi damai Pilkada Muna. Diikuti Forkopimda Muna

Deklarasi itu diikuti Ketua KPU Muna Kubais dan jajarannya, Ketua Bawaslu Muna Al Abzal Naim, Dandim 1416 Muna Letkol Armed Andi Akbar, Kajari Muna Fahmi Husin, KNPI Muna dan Forkopimda. Deklarasi damai ditandai dengan pembacaan ikrar oleh peserta dan penandatanganan komitmen menjaga Pilkada dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19 dalam setiap tahapan.

Kapolres Muna AKBP Debby Asri Nugroho menerangkan, Pilkada Muna memiliki riwayat konflik yang panjang. Selain pemungutan suara yang diulang dua kali, Pilkada 2015 lalu juga diwarnai tindakan pidana konvesional yang menyebabkan jatuhnya korban luka baik dari simpatisan maupun aparat. Makanya, deklarasi damai digelar dengan tujuan mencegah hal itu terulang dan menyatukan komitmen bersama untuk menjaga pelaksanaan Pilkada dengan aman dan sehat.

“Tidak cukup hanya seremoni, deklarasi ini wajib diimplementasikan dengan kesadaran penuh dan bertanggung jawab,” jelasnya. Ia menambahkan, Pilkada yang aman ditandai dengan kondusifitas yang terjaga di seluruh wilayah Muna. Semua unsur bertanggung jawab, mulai dari pasangan calon, parpol hingga simpatisan.

Pilkada juga diharapkan berjalan sehat tanpa penyebaran pandemi Covid-19. Penyelenggara, pengawas, pasangan calon, simpatisan maupun aparat wajib mematuhi protokol kesehatan terutama penggunaan masker, jarak aman dan upaya mitigasi lain. Polres Muna kini memiliki opsi menerapkan undang-undang karantina kesehatan untuk menindak aksi pelanggaran protokol kesehatan. “Kita wajib mematuhi imbauan Kapolri agar selain aman, Pilkada juga jangan sampai menimbulkan kalster baru. Saya berharap, semua pihak berkomitmen menjaga daerah ini,” imbuhnya. (ode/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy