Ciptakan Kawasan Bebas Banjir, Pemkot Kendari Revitalisasi Dua Sungai – Kendari Pos
Metro Kendari

Ciptakan Kawasan Bebas Banjir, Pemkot Kendari Revitalisasi Dua Sungai


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari terus berupaya mengurangi titik genangan air di Kota Lulo. Berbagai cara dilakukan, mulai dari menggandeng Kementerian PUPR membangung kolam retensi di kawasan Baruga, hingga yang terbaru melakukan revitalisasi sungai Lepo-lepo yang terletak di Kecamatan Baruga dan Sungai Kambu di Kecamatan Kambu.

Adapun revitalisasi yang dimaksud yakni dengan membangun pengaman tebing (tanggul) yang berfungsi menghalau luapan banjir supaya tak langsung kepemukiman warga. Tanggul tersebut juga sangat efektif untuk mencegah tanah longsor di bantaran sungai.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kemeja putih) mengunjungi pembangunan sejumlah infrastruktur. Pemerintah Kota Kendari gencar melakukan penataan kawasan secara berkesinambungan. Diantaranya program penanganan dan pengendalian banjir dengan membangun Talud disejumlah titik rawan bencana banjir dan longsor

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan, pihaknya sengaja membangun pengaman tebing mengingat potensi terjadinya banjir di dua kawasan itu cukup tinggi. Adapun anggaran pembangunan pengaman tebing tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp. 2,75 miliar. Rinciannya, sebesar Rp 1,78 miliar pembangunan pengaman tebing di Sungai Kambu dan Rp 970 juta untuk pembangunan di Sungai Lepo-lepo.

Lebih lanjut, Sulkarnain menargetkan pembangunan pengaman tebing tuntas dikerjakan pada November mendatang atau dikerjakan selama 150 hari sejak 22 Juni hingga 20 November 2020.

Ketua DPC PKS Kota Kendari itu berharap dengan terbangunnya pengaman itu setidaknya bisa mengurangi resiko banjir ketika musim penghujan melanda kota Kendari atau pun hujan di hulu. “Upaya ini juga setidaknya bisa menghilangkan rasa khawatir pada warga yang bermukim tak jauh dari bantaran sungai,” kata Sulkarnain (b/adv/ags)

Grafis
Proyek Pembangunan Talud Kampung Salo
-RT 003/RW 002
-RT 001/RW 003
-RT 002/RW 004

-Anggaran Rp 126 Juta
-Sumber Dana Alokasi Umum (DAU)
-Pengerjaan Sistem Padat Karya-KSM Karya Sakti Kampung Salo

Revitalisasi Sungai
Pengaman Tebing Sungai Kambu Rp1,78 Miliar
Pengaman Tebing Sungai Lepo-lepo Rp 970 Juta
Total Rp 2,75 Miliar

Masa Kerja 150 Hari
22 Juni s.d 20 November 2020

Tujuan Revitalisasi Sungai
-Cegah Banjir dan Luapan Air
-Atasi Longsor

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy