Calon Penjabat Sekab Muna, Bupati Usul Tiga Nama ke Gubernur – Kendari Pos
Muna

Calon Penjabat Sekab Muna, Bupati Usul Tiga Nama ke Gubernur


KENDARIPOS.CO.ID — Masa jabatan Pj. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna, Muhammad Djudul sudah resmi berakhir, 10 September lalu. Bupati Muna, LM. Rusman Emba menunjuk La Ode Ena sebagai Pelaksana Harian dalam jabatan tersebut. Selain itu, tiga nama calon penjabat juga telah diusulkan kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi. Rusman Emba menerangkan, dirinya telah menunjuk La Ode Ena sebagai pelaksana harian agar tidak terjadi kekosongan posisi Sekab.

Rusman Emba

La Ode Ena merupakan pejabat Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Muna dan akan melaksanakan tugas memimpin birokrasi sampai adanya penjabat yang ditunjuk oleh Gubernur. “Untuk sementara Asisten II dulu yang laksanakan tugas supaya tidak ada kekosongan,” jelasnya, kemarin. Rusman sendiri telah menyiapkan tiga nama sebagai calon Penjabat Sekab. Mereka adalah La Kuanto, Inspektur Muna, La Mahi (Kepala Bappeda) dan Edy Uga (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang). Ketiganya telah diusulkan ke Gubernur dan tinggal menunggu persetujuan.

“Ini sifatnya usulan. Soal siapa yang ditunjuk, itu kewenangan Gubernur. Kalau sudah ada surat keputusan penunjukan, maka kita akan segera lantik,” papar Rusman Emba.

Jabatan Sekab di Muna sudah kosong sejak tahun lalu. Posisinya secara bergantian dijabat Ali Basa dan Muh. Djudul, masing-masing melalui satu kali perpanjangan masa tugas. Sedangkan pengangkatan pejabat defenitif harus melalui mekanisme lelang jabatan. Pemkab sendiri baru mengagendakan proses seleksi itu akan berlangsung tahun depan.

Kepala BKPSDM Muna, Sukarman Loke, menjelaskan, seleksi jabatan Sekab membutuhkan biaya sekitar Rp 300 juta sampai Rp 500 juta. Anggaran tersebut belum dialokasikan dalam APBD tahun ini. “Seleksinya tahun depan. Kalau tahun ini agak susah karena Covid dan juga tidak memungkinkan melalui APBD Perubahan karena tak ada ruang untuk pembiayaan kegiatan baru,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy