BLT-DD Periode Pertama Habiskan Rp 11 Miliar – Kendari Pos
Wakatobi

BLT-DD Periode Pertama Habiskan Rp 11 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) periode pertama yang didistribusikan 75 Pemerintah Desa di Wakatobi, telah tuntas. Dari 6.000 lebih warga yang menerima bantuan ini, realisasi BLT-DD periode pertama April hingga Juni mencapai lebih dari Rp 11 miliar. Kini bantuan tersebut memasuki periode kedua (Juli,Agustus dan September). Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3APMD) Wakatobi, La Ode Husnan, mengatakan, saat ini penyaluran BLT-DD itu telah memasuki bulan kedua. Berbeda dengan periode sebelumnya yang tiap kepala keluarga (KK) mendapatkan Rp 600 ribu, maka pada kali ini masing-masing peserta mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu.

La Ode Husnan

“Jadi pemotongan interval yang dilakukan semua desa totalnya sebanyak Rp 19 miliar lebih. Tapi, perlu diingat bahwa tidak semua desa pemotongannya sama karena sudah ada aturannya. Itu dilihat dari besaran DD. Kalau di bawah Rp 800 juta maka pemotongannya 25 persen, di atas Rp 800 juta hingga Rp 1,2 miliar pemotongan 30 persen dan di atas Rp 1,2 miliar maka hingga 35 persen,” terang Husnan.

Dari total anggaran tersebut, lanjut Husnan sisa saldo di kas pasca penyaluran periode pertama sekitar Rp 7 miliar lebih. Anggaran inilah yang akan dibagian untuk periode kedua. “Kalau sudah terealisasi semaunya masih ada sisa saldo, nanti akan dikembalikan ke kas desa,” tambahnya. Husnan menjelaskan, dari total lebih 6.000 peserta yang menerima BLT-DD periode pertama, tidak menutup kemungkinan akan mengalami perubahan data. Pasalnya, bisa saja ada masyarakat memilih keluar dan juga nantinya menyusul. “Itu semua sudah ada petunjuk teknisnya. Masing-masing Pemdes mengacu pada Juknis. Jika ada perubahan nanti dilihat lagi kebijakannya,” tandas Husnan. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy