Berkas Pengunduran Rasyid Masuk, Endang Belum – Kendari Pos
Politik

Berkas Pengunduran Rasyid Masuk, Endang Belum

KENDARIPOS.CO.ID — Anggota DPRD yang berlaga di Pilkada mesti mundur secara permanen. Aturan ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 1 dan 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Ada dua legislator Sultra tampil di Pilkada Konawe Selatan (Konsel). Masing masing Muhammad Endang (Wakil Ketua DPRD Sultra) dan Rasyid (anggota DPRD Sultra). Berkas permohonan menanggalkan kursi “terhormat” yang diajukan Rasyid tengah diproses. Endang belum mengajukan berkas pengunduran diri.

Trio Prasetio Prahasto

Sekretaris DPRD Sultra Trio Prasetio Prahasto mengatakan untuk proses penghentian jabatan dua anggota legislatif, baru Rasyid yang mengajukan berkas permohonan pengunduran diri. Sedangkan Endang hingga kini berkasnya belum masuk. Pihaknya menunggu berkas pernyataan mundur hingga penetapan pasangan calon yang akan digelar 23 September 2020.

Menurutnya, status Endang dan Rasyid sebagai legislator akan terputus secara otomatis bila telah ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU. “Saat penetapan pasasangan calon, 23 September itu, merupakan momen bagi mereka terlepas dari jabatan sebagai anggota legislatif,”kata Trio saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/9).

Selain itu, kata dia, pasca ditetapkan pasangan calon maka hak-hak yang selama ini mereka terima sebagai anggota DPRD ikut menjadi terputus atau tidak lagi berlaku. Mereka tidak akan lagi menerima berbagai fasilitas, gaji, tunjangan atau apapun yang menjadi hak yang diberikan kepada anggota legislatif.

Saat status mereka sebagai anggota DPRD terhenti, kata dia, berkas permohonan mengundurkan diri tetap diproses, sesuai prosedural amanah Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Trio menjelaskan, berkas pengajuan permohonan pengunduran diri akan digunakan sebagai bahan menyurat ke fraksi partai masing-masing. Endang maupun Rasyid.

“Kalau Endang berarti kami akan menyurat ke Demokrat. Sedangkan Rasyid berarti ke PKS. Suratnay berisi pemberitahuan permohonan pengunduran diri. Nantinya fraksi partai masing-masing akan menyurat ke Gubernur untuk ditindaklanjuti ke Mendagri,”tandasnya. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy