Berkas Oknum Polisi Pelanggar Kode Etik Lengkap, Tinggal Menunggu Jadwal Sidang – Kendari Pos
Nasional

Berkas Oknum Polisi Pelanggar Kode Etik Lengkap, Tinggal Menunggu Jadwal Sidang

KENDARIPOS.CO.ID — Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sultra tak butuh waktu lama memproses dugaan pelanggaran kode etik lima oknum polisi. Berkas perkara empat oknum brigadir Polisi dan satu perwira personel Satuan Reserse Narkoba Polda Sultra dinyatakan lengkap dan dalam waktu dekat akan disidangkan.

Kombes Pol Ferry Walintukan

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan, S.IK mengatakan, kasus ini sedang dalam proses di Propam. Berkasnya sudah dirampungkan, sehingga kelima oknum polisi itu menunggu jadwal sidang yang akan digelar dua minggu ke depan. Kombes Ferry Walintukan menyebut kelima oknum polisi itu diduga melanggar
pasal 7 ayat 1 huruf c Peraturan Kapolri Nomor 14 tahun 2011 tentang kode etik profesi Polri.

Dari aturan tersebut, kelimanya bisa saja mendapat ancaman paling berat yakni pemecatan.

“Atau bisa juga sanksi etik, sanksi demosi. Tergantung dari hasil sidang nanti,”tutur Kombes Ferry Walintukan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (17/9) kemarin.

Kombes Ferry menjelaskan dalam sidang kode etik nanti akan dihadirkan saksi-saksi. Mulai dari orang-orang yang diduga korban pemerasan dan saksi lainnya. Nantinya kata dia, akan ada saksi meringankan dan adapula sanksi memberatkan.

“Pokoknya berkasnya sudah dirampungkan. Tinggal, menunggu jadwal sidang saja,”kata Kombes Ferry.

Untuk diketahui, kelima oknum polisi tersebut diduga terlibat kasus pemerasan. Mereka menangkap warga yang diduga menggunakan Narkoba di Kabupaten Kolaka Timur pada 31 September lalu, namun belakangan dilepas setelah menyerahkan duit “atur damai” atas permintaan oknum polisi.

Mendengar kabar tersebut, Direktur Ditresnarkoba Polda Sultra Kombes Pol M Eka Fhaturrahman turun tangan dan langsung melaporkan sendiri anggotanya ke Propam Polda Sultra. Kelima oknum polisi ini diduga meminta sejumlah uang kepada Kades Wundumbite Kamaruddin, Kades Anggolosi Husain, oknum PNS, dan seorang warga bernama Sam. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy