Berkas Dua Bapaslon Koltim Belum Lengkap, Kandidat di Konkep dan Koltim Sehat

Ketua KPU Koltim Suprihaty Prawaty Nengtias menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan dan verifikasi keabsahan dokumen calon kepada tim pemenang masing-masing Bapaslon, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 34 putra-putri terbaik yang berlaga pada Pilkada tujuh kabupaten di Sultra telah menjalani tes kesehatan di RSU Bahteramas. Sisa, satu bakal pasangan calon di Muna yang belum tes kesehatan karena terinfeksi pandemi Covid-19.

Hasil pemeriksaan kesehatan telah diterima oleh masing-masing KPU kabupaten. Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) di Kolaka Timur (Koltim) dan empat Bapaslon di Konawe Kepulauan (Konkep) dinyatakan sehat. Meski begitu, empat figur yang berlaga di Pilkada Koltim diminta untuk memperbaiki berkas syarat calon.

Ketua KPU Koltim Suprihaty Prawaty Nengtias menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan dan verifikasi keabsahan dokumen calon kepada duet Tony Herbiansyah- Baharuddin dan Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur, Senin (14/9). Hal itu, kata dia, sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan pemilihan Pilkada.

Meski dinyatakan sehat, kata dia, dua Bapaslon masih harus melakukan perbaikan syarat dan keabsahan dokumen calon. Namun ia tak menjelaskan secara detail soal berkas kekurangan dan harus dilengkapi kandidat. Yang jelas, KPU menerima berkas perbaikan 14 hingga 16 September, sebelum penetapan tanggal 23 September mendatang.

“Semua tim pemenangan untuk intens berkonsultasi kepada KPU. Karena dua Bapaslon belum memenuhi syarat calon,” kata Suprihaty saat membaca berita acara.

Sementara itu, Bawaslu Koltim, Abang Saputra Laliasa mengatakan, apa yang disampaikan KPU menjadi perhatian Bapaslon dan tim kandidat. “KPU telah bekerja sesuai ketentuan dan peraturan yang ada. Kami harap Losion O dapat bekerja baik dan maksimal verifikasi bakal calonnya masing-masing. Bawaslu akan selalu memantau setiap tahap ini,” imbuhnya.

Di tempat berbeda, Koordinator Divisi Teknis KPU Konkep, Badran mengatakan dari hasil pemeriksaan dokter, kata dia, Amrullah-Andi Muhammad Lutfi, Musdar-Ilham Jaya Maal, Muh Oheo-Muttaqin Sidik dan Abdul Halim-Untung Taslim dinyatakan sehat jasmani dan rohani.

Ia mengatakan penetapan pasangan calon akan dilakukan 23 September 2020. Sedangkan 24 September digelar pencabutan nomor urut pasangan calon. “Selama tahap tanggapan masyarakat dibuka terhadap semua tahapan Pilkada, KPU belum menerima laporan apapun dari publik,” katanya. (san/kus/b)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.