Benny Nurdin Yusuf : Tak Semua Pesepeda Wajib Pakai Helm – Kendari Pos
Metro Kendari

Benny Nurdin Yusuf : Tak Semua Pesepeda Wajib Pakai Helm

KENDARIPOS.CO.ID — Bersepada kini sudah menjadi tren. Di Kota Kendari, komunitas goweser mulai menjamur. Jelang petang, akhir pekan dan hari libur, pesepeda terlihat di jalan protokoler di Kota Lulo. Untuk menjaga keselamatan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah pedoman pengguna sepeda di jalan. Ketentuan ini tertuang dalam Pemenhub nomor 59 tahun 2020.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengatakan pesepeda wajib mematuhi aturan. Bagi pesepeda yang untuk bersantai atau kegiatan sehari-hari dengan kecepatan rendah, (penggunanya) tidak harus menggunakan helm.

“Jadi, tak semua wajib memakai helm. Tapi kalau pakai helm lebih baik lagi,” kata Nurdin, kemarin.

Yang diwajibkan untuk menggunakan helm pelindung lanjut Nurdin, para goweser atau para pesepeda dengan kepentingan untuk olahraga, serta pesepeda jenis Mountain Bike (MTB).

“Jika ada jenis sepeda lain dengan tingkat resiko tinggi dalam hal ini memiliki tingkat kecepatan yang tinggi, itu kami sarankan dan kami wajibkan untuk memakai helm,” beber Nurdin.

Sejauh ini, lanjut Nurdin, pihaknya masih melakukan sosialasasi terkait peraturan baru ini, baik sosialisasi melalui media sosial, elektronik, online maupun media cetak. Agar aturan ini efektif, ia mengimbau Pemda untuk menindak lanjuti peraturan tersebut dalam bentuk Perda. Pasalnya, ermenhub itu tidak ada pemberian sanksi bagi pelanggar.

“Jadi, kami ingin pemda buat segera perdanya. Supaya pesepeda bisa paham dan tahu apa yang harus dia lengkapi saat bersepeda. Supaya peseda juga lebih disiplin. Kami sudah surati seluruh pemda baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” ungkapnya. (b/ags)

Enam Larangan Bagi Pesepeda.

  1. Dilarang Sepeda Ditarik Menggunakan Kendaraan Bermotor
  2. Dilarang Mengangkut Penumpang
    -Terkecuali Dilengkapi Tempat Duduk Penumpang
  3. Dilarang Mengoperasikan Ponsel Saat Bersepeda
    -Terkecuali Menggunakan Headset atau Sejenisnya
  4. Dilarang Menggunakan Payung Saat Bersepeda
  5. Dilarang Berdampingan dengan Kendaraan Lain
    -Terkecuali Ditentukan Rambu Lalulintas
  6. Dilarang Berkendara Berjejer Lebih dari Dua Sepeda.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy