Belum Semua Bisa PBM Tatap Muka – Kendari Pos
Wakatobi

Belum Semua Bisa PBM Tatap Muka


KENDARIPOS.CO.ID — Proses belajar mengajar (PBM) dengan sistem tatap muka yang awalnya akan dimulai pada pekan lalu pada satuan pendidikan Kabupaten Wakatobi, belum berjalan sesuai rencana. Meski secara umum, Wakatobi masih termasuk zona kuning, namun untuk Pulau Wangi-Wangi telah menjadi kawasan merah.

Mastu

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi, Mastu, mengatakan, sesuai keputusan tim Satgas Covid-19 Wakatobi, Pulau Wangi-Wangi masuk zona merah. Sehingga untuk sementara waktu wilayah zona merah belum diizinkan melaksanakan sekolah tatap muka. Apalagi sudah ada surat edaran (SE) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama dan Menteri Kesehatan yang juga telah dituangkan dalam SE Bupati Wakatobi nomor 443/198/VIII:2020 tentang panduan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

“Tapi untuk tiga pulau besar lainnya, Kaledupa, Tomia dan Binongko silahkan melakukan sekolah tatap muka, karena masih zona kuning. Tapi dengan catatan sesuai protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 serta harus melalui proses izin dari orang tua masing-masing peserta didik,” terangnya.

Kendati demikian, lanjut Mastu jika diantara orang tua palajar ada yang tidak mengizinkan anaknya sekolah tatap muka, maka anak tersebut bisa sekolah di rumah dan mendapatkan pelayanan sama dengan lainnya. Sementara itu, Hamidin, Kepala SD Negeri 1 Ollo Kaledupa, menyebut, sudah sepekan sekolahnya masuk belajar tatap muka. Selain harus sesuai dengan prokes Covid-19, jam belajar mengajar juga di batasi. “Jadi dalam seminggu itu hanya tiga kali saja. Jadwalnya, kelas 1,2 dan 3 masuk Senin, kelas 4,5 dan 6 hari Selasa. Hari Rabu kembali lagi kelas 1,2 dan 3 dan Kamis 4,5 dan 6 begitu juga untuk Jumat dan Sabtu. Tapi, untuk jam belajarnya masih normal seperti sebelumnya,” terangnya.

Sekadar diketahui, jumlah SD di Wakatobi sebanyak 110 dan SMP 43 sekolah. Pihak Dikbud Wakatobi juga telah menurunkan tim untuk memantau kondisi langsung di lapangan. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy