Belum Masuk DPS, Laporkan! – Kendari Pos
Politik

Belum Masuk DPS, Laporkan!

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi dan Muna menetapkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS). Sebanyak 73.713 DPS Wakatobi dan 143.090 di Muna. Penetapan itu melalui rapat pleno terbuka yang dilakukan KPU setempat dan masih bisa mengalami perubahan. Warga yang tidak terakomodir dalam DPS segera melapor ke penyelenggara.

Ketua KPU Wakatobi Abdul Rajab mengatakan usai DPS ditetapkan, pihaknya akan mengumumkan di Kantor Pemerintahan Desa dan Kelurahan se-Wakatobi. Dengan begitu memudahkan masyarakat mengecek datanya secara langsung, apakah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

“Bila ada masyarakat yang memenuhi syarat sebagi pemilih namun tak masuk DPS, segera melapor ke anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). DPS akan diumumkan dan kami tunggu tangapan masyarakat yang dijadwalkan 19 hingga 28 September,” katanya.

Rajab mengimbau seluruh masyarakat agar aktif memantau namanya di DPS yang akan diumumkan di Kantor Desa/Kelurahan setempat. “Kalau masih ada pemilih yang memenuhi syarat sebagai pemilih dan belum masuk dalam DPS maka diharapkan agar segera melapor ke PPS yg ada di desa tersebut,” tambahnya.

Ketua KPU Muna Kubais menerangkan, 143.090 DPS itu merupakan hasil pencocokan dan penelitian yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) selama 15 Juli sampai 13 Agustus lalu. Jumlah tersebut lebih sedikit dari daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) yang mencapai 155.594 jiwa.

Hasil coklit juga telah melalui pleno di tingkat panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan pleno tingkat kabupaten di sekretariat KPU Muna. Rincian DPS tersebut, 68.472 laki-laki dan 74.663 perempuan yang tersebar di 22 kecamatan dan 150 desa/kelurahan.

“Jumlah DPS terbanyak di Kecamatan Katobu sebanyak 17.642 pemilih. Sedangkan DPS paling sedikit ada Kecamatan Batukara sebanyak 1.792 pemilih,” jelasnya.

Bekuranganya jumlah DPS dari DP4, kata dia, akibat sebanyak 19.245 pemilih tidak memenuhi syarat (TMS). Rinciannya 8.972 laki-laki dan 10.273 perempuan. Alasan TMS tersebut bervariasi mulai dari pindah domisili hingga telah meninggal dunia. Selain jumlah TMS, KPU juga menemukan pemilih baru sebanyak 7.841 orang.

Hasil pleno DPS tersebut selanjutnya kembali diverifikasi dan direkapitulasi ditingkat provinsi. KPU Muna nantinya akan mengumumkan DPS melalui PPS masing-masing. “Masyarakat akan diberi waktu memberikan tanggapan,” imbuhnya. (ode/thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy