Awasi Distribusi Elpiji Subsidi ! – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Awasi Distribusi Elpiji Subsidi !

LANGKA ELPIJI SUBSIDI: Warga Kota Kendari saat mengantri untuk membeli elpiji subsidi 3 Kg dari pangkalan, beberapa waktu lalu.
FOTO: MUH. ABDI ASMAUL AMRIN

KENDARIPOS.CO.ID — Kelangkaan dan tingginya harga elpiji subsidi tiga kilogram di Kota Kendari belum terselesaikan. Persoalan itu memantik reaksi dari berbagai kalangan. DPRD Sultra gusar dengan masalah yang tak kunjung teratasi itu.

Ketua Komisi II DPRD Sultra, Farhana Mallawangun meminta persoalan tersebut tidak boleh didiamkan dan harus segera diselesaikan oleh pihak-pihak terkait. “DPRD Sultra mendorong Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Polda, dan lembaga terkait agar lebih masif melakukan pengawasan terhadap distribusi elpiji 3 Kg sampai pada konsumen yang layak,” ujarnya kepada Kendari Pos, Rabu (16/9).

Di tengah pandemi Covid-19, kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Sultra itu, masyarakat harus difasilitasi secara mudah untuk mendapatkan elpiji terutama elpiji subsidi. Sebab, penyaluran elpiji dilakukan berdasarkan kebijakan pemerintah sendiri. “Di tengah pendapatan masyarakat yang menurun secara total, pemerintah harus hadir untuk memberi solusi atas persoalan rakyat,” imbuhnya.

Terkait penerapan kartu kendali elpiji yang diusulkan Pertamina, Farhana mengaku mendukung rencana itu. Dengan catatan, jika sudah melalui kajian secara teknis dan tidak lagi menimbulkan kegaduhan soal kriteria siapa saja yang berhak memperoleh kartu kendali tersebut. “Mekanisme penyaluran kartu kendali, saya kira itu juga menjadi pilihan untuk mengantisipasi para spekulan,” pungkas Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kolaka itu.

Sebelumnya, pihak Pertamina telah mendorong Pemda untuk menerapkan penggunaan kartu kendali. Tujuannya untuk mengontrol pengambilan elpiji 3 kg baik oleh rumah tangga, UMKM, maupun pertanian. Dalam penerapannya nanti, hanya pemegang kartu kendali yang boleh membeli elpiji 3 kg dalam jumlah tertentu per bulan. “Pemegang kartu kendali ini tentunya keluarga prasejahtera. Berapa jumlah per bulannya, diambil dari volume rata-rata pemakaian elpiji dalam satu bulan oleh rumah tangga, pertanian, dan Usaha Ultra Mikro. Semua datanya ada di Pemda,” ujar Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Marketing Operation Region VII, Taufiq Kurniawan. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy