Andi Nirwana Sebbu Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMP Negeri 3 Poleang

KENDARIPOS.CO.ID — Sosialisasi empat pilar kembangsaan MPR RI kembali digelar Anggota DPD RI, Hj. Andi Nirwana Sebbu di SMP Negeri 3 Poleang, Selasa (22/9). Kegiatan itu dihadiri langsung Bupati Bombana, H. Tafdil dan jajaran Forkopimda Pemkab Bombana. Dalam sambutannya, Hj. Andi Nirwana Sebbu menjelaskan, sosialisasi empat pilar ini dilaksanakan sesuai amanat undang-undang yang menugaskan dan mewajibkan anggota MPR RI untuk melaksanakan di daerah pemilihan masing-masing. Bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai terkandung dalam empat pilar.

Anggota DPD RI, Andi Nirwana (empat dari kiri) didampingi Bupati Bombana, Tafdil (lima dari kiri) beserta jajaran Forkopimda Bombana saat menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMP Negeri 3 Poleang.

Empat Pilar dimaksud: Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “Fokus kegiatan sosialisasi ini, saya libatkan guru atau tenaga pendidik yang tergabung dalam organisasi PGRI Bombana. Dan para pelajar di SMP Negeri 3 Poleang,” kata Andi Nirwana.

Mantan Anggota DPRD Bombana ini mengatakan, guru merupakan figur kompeten dan memiliki peran penting. Sebab, menjadi panutan siswa dan masyarakat. Gurulah nanti yang melanjutkan sosialisasi empat pilar ke masyarakat, keluarga dan lingkungan sekitar. “Begitu juga dengan pelajar. Empat pilar ini harus ditanamkan sejak dini. Sebagai generasi millenial yang nanti akan menjadi generasi masa depan penerus bangsa. Pelajar diharapkan dapat menerapkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD tahun 1945 dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, Empat Pilar Kebangsaan merupakan pondasi mengokohkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Inilah yang menjadikan bangsa Indonesia tetap bersatu. “Kita harus bersyukur bahwa di Bombana ini, masyarakat bisa hidup damai, aman dan berdampingan. Inilah pentingnya persatuan dan persaudaraan,” jelasnya.

Bupati Bombana, Tafdil mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi empat pilar tersebut. Dirinya berharap, seluruh peserta sosialisasi bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Juga mensosialisasikan kepada keluarga, kerabat dan lainnya. “Kita harus dukung empat pilar ini digaungkan. Sebab, ini nilai kita dalam kehidupan berbangsa. Jadikan diri sebagai pribadi yang kokoh menjaga kedaulatan NKRI agar tetap jaya dari generasi ke generasi,” tutupnya. (c/kmr)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.