Air Bersih di Kontunaga Segera Mengalir – Kendari Pos
Muna

Air Bersih di Kontunaga Segera Mengalir


KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan sistem pengolahan air minum (SPAM) Kontunaga segera rampung. Jika tak ada aral, kebutuhan air bersih masyarakat sekitar ditargetkan bisa terpenuhi paling lambat akhir tahun ini. Pekerjaan SPAM yang menyerap dana Rp 24,5 miliar itu sudah dimulai sejak Februari lalu dan diprediksi selesai September. Proyek tersebut digarap PT. Putera Kahiyang melalui dana bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Lokasinya terletak di Desa Masalili, Kecamatan Kontunaga. SPAM dengan kapasitas 20 liter per detik tersebut mampu mengaliri 2.000 sambungan rumah. SPAM akan melayani masyarakat di dua kecamatan yakni Kontunaga dan Lohia.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Muna, Nur Hayat Fariki, menjelaskan, SPAM itu nantinya akan mengatasi krisis air bersih di Kontunaga yang telah berlangsung sejak lama. Jika telah beroperasi, masyarakat tidak perlu lagi mengandalkan pengecer untuk mendapatkan air bersih karena akan dilayani melalui pipa PDAM. Hanya, perusahaannya masih menunggu serah terima dari Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Sultra.

“Kalau SPAM sudah selesai dibangun, nanti akan diserahkan ke PDAM. Baru akan kami kelola untuk masyarakat,” jelasnya. Yayat, sapaannya, menerangkan, PDAM menargetkan air bersih di wilayah Kontunaga bisa mengalir ke rumah-rumah warga, paling lama akhir tahun ini. Ia sudah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Desa untuk pemasangan pipa tersier melalui dukungan dana desa. “Akhir tahun ini sudah bisa teraliri,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy