42,7 Persen Nomor HP Siswa Tidak Aktif – Kendari Pos
Nasional

42,7 Persen Nomor HP Siswa Tidak Aktif


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerima 24,7 juta data nomor handphone siswa untuk mendapatkan bantuan kuota gratis. Sayangya, dari total tersebut, 42,7 persennya merupakan nomor tidak aktif. “Dari 24,7 juta nomor tersebut, sebanyak 57,3 persen dinyatakan sebagai nomor aktif,” terang Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbud Evy Mulyani, Selasa (15/9).

Sejumlah siswa menggunakan fasilitas WiFi saat mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh di balai warga Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta, belum lama ini.

Namun dia tindak menjelaskan lebih lanjut alasan kenapa terdapat nomor yang tidak aktif masuk ke dalam pendataan. Pihaknya juga baru mengetahui ketika tengah dilakukan proses verifikasi dan validasi nomor handphone.

Dia menyebut, hingga 15 September 2020, nomor handphone siswa yang telah terdaftar mencapai 55,2 persen. “Sejauh ini, dari jumlah 44 juta siswa, data nomor ponsel yang dinyatakan telah sesuai format sebanyak 55,2 persen atau 24,7 juta nomor,” tutur dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie mengatakan pihaknya berencana membuka pendataan nomor handphone gelombang kedua agar bisa 100 persen. “Tapi masih kita buka kok (pendataan). Nanti diakumulasi di akhir bulan rencananya. (Ada) gelombang berikutnya, tapi masih kami sempurnakan draft-nya dulu,” ujar dia.

Untuk saat ini, Kemendikbud masih membuka data pokok pendidikan (Dapodik) dan pangkalan data pendidikan tinggi (PDDikti) bagi satuan pendidikan yang ingin menginput data yang sudah terkumpul. “Masih kita buka kok. Kami tetap buka mas. Nanti diakumulasi di akhir bulan rencananya,” ujar dia.

Sebagai informasi, saat ini dari 44 juta siswa, yang sudah terdaftar nomor handphone-nya sebanyak 24,7 juta atau 55,2 persen. Sedangkan perguruan tinggi, dari 8 juta mahasiswa, yang tercatat sudah 5,1 juta atau 63,7 persen. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy