336 Kades di Konsel Kerja Sama dengan Kejari – Kendari Pos
Konawe Selatan

336 Kades di Konsel Kerja Sama dengan Kejari


KENDARIPOS.CO.ID — 336 Kepala Desa (Kades) yang tersebar pada 25 kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggandeng pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat untuk bekerja sama. Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tersebut dihelat di aula Kantor DPMD Konsel, Kamis (10/9). Kesepahaman tersebut terkait bantuan, pertimbangan dan tindakan hukum lainnya bagi Pemerintah Desa. Kepala Kejari Konsel, Dr. Aprillianna Purba menegaskan, perjanjian kerja sama itu bukan hak perlindungan bagi aparatur desa untuk mendapatkan kekebalan jika terjerat hukum.

Suasana penandatanganan MoU antara pihak Kejari Konsel dengan 336 Kepala Desa di daerah itu dalam pemberian bantuan, pertimbangan dan tindakan hukum lainnya bagi Aparatur Desa

“Tapi kami akan terus bimbing dan kawal dana desa, agar tidak terjadi salah sasaran dalam alokasi, pendistribusian, Juga mencegah Kades agar tidak ada yang terjerat hukum,” jelasnya, kemarin. Sebab jika ada laporan masyarakat terkait penyalahgunaan DD, pihaknya tetap akan proses. Namun demikian, jaksa tidak langsung melakukan penindakan, namun dianalisa dan ditelaah, dan lebih lanjut lagi mengikutsertakan Inspektorat Daerah selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

“Olehnya itu, saya minta untuk profesional dan jujur mengelola DD. Kami selaku Pengacara Negara dengan kuasa khusus dapat memberikan jasa hukum secara profesional dan gratis untuk memberikan pendampingan dalam kegiatan pengelolaan dan pendistribusian DD. Kami selaku JPN tetap obyektif dan menghindari intervensi dalam mengambil keputusan yang merupakan kewenangan Kepala Desa,” janji Kajari Konsel. Sementara itu, Kepala DPMD Konsel, Sajudin Idris, mengatakan, MoU tersebut merupakan pendampingan pihak kejaksaan pada Aparatur Desa dalam pengelolaan keuangan.

“Silahkan bekerja dengan baik. Selama program dan pengalokasian DD benar demi kebutuhan masyarakat, tak perlu khawatir bakal tersandung kasus hukum,” kata Sajudin Idris pada sejumlah Kades. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy