33 Spot Diving, Pemandu Wisata Belum Berlisensi – Kendari Pos
Buton

33 Spot Diving, Pemandu Wisata Belum Berlisensi

KENDARIPOS.CO.ID — Pesona keindahan dasar laut Sulawesi Tenggara (Sultra), bukan hanya ada di Wakatobi. Di Buton, eksotisme bawah lautnya juga sangat menjanjikan untuk dinikmati para penyelam. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendata, setidaknya ada 33 spot diving di otorita Bupati, La Bakry itu yang potensial. Hanya saja, Buton belum memiliki pemandu wisata selam yang berlisensi. Untuk itu, Dinas Pariwisata menggelar pelatihan pemandu wisata selam tingkat advance dan resque diver.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Buton, Rusdi Nudi, mengatakan, di daerah itu baru ada penyelam tingkat dasar. Keahlian itu belum diberikan kepercayaan untuk memberikan pendampingan pada wisatawan. “Yang bisa (mendampingi) itu level resque. Karena dia sudah belajar tindakan penyelamatan, kalau advance baru belajar peralatan,” jelasnya, kemarin. Tahun lalu kata Rusdi Nudi, ada 317 penyelam yang berkunjung. Saat itu Dinas Pariwisata tidak bisa memandu mereka karena belum ditunjang dengan skill. “Sayang sekali potensi kita besar tapi tidak banyak yang punya skill. Makanya kita latih 20 orang dulu, setelah itu mereka siap bermitra. Ketika ada tamu Pemkab atau yang datang mandiri, bisa kita pandu,” lanjutnya.

Jika sudah memiliki pemandu yang berlisensi, maka 33 spot diving itu bisa diekplorasi para wisatawan. Perairan Wabula, Kapontori dan Pasarwajo adalah titik-titik keindahan biota laut itu tersebar. “Pantai Wajo dan Wabula itu sudah kita identifikasi kategori makrodive, biota kecil siput dan karang hidup. Itu indah sekali, karena sudah beberapa kali kita bawa penyelam di sana,” terang Rusdi Nudi. Pelatihan itu sekaligus juga persiapan tahun depan. Sebab, Buton tengah mengusulkan pengadaan alat selam 20 unit. “Nah, ketika alat ini turun, kita sudah siap sumber daya manusia,” pungkasnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy