25 Rumah di Konawe Rusak Diterpa Puting Beliung – Kendari Pos
Konawe

25 Rumah di Konawe Rusak Diterpa Puting Beliung


KENDARIPOS.CO.ID — Angin puting beliung menerjang dua kecamatan di Konawe, yakni Pondidaha dan Amonggedo. Meski tak ada korban jiwa, angin yang berputar dengan kecepatan maksimal 65 km perjam itu, merusak setidaknya 25 unit rumah warga. Tiga rumah diantaranya bahkan nyaris rata dengan tanah akibat hembusan angin ribut itu. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Herianto Pagala, melalui Kepala Bidang (Kabid) Logistik dan Kedaruratan, Samsul, menjelaskan, puting beliung terjadi pada Kamis (24/9) lalu dan berlangsung sekitar setengah jam, antara pukul 14.00-14.30 Wita. Warga di dua kecamatan tersebut, katanya, sempat dibuat panik lantaran hembusan angin mendadak muncul secara tiba-tiba dan tidak diprediksi sebelumnya.

Samsul merinci, di Kecamatan Pondidaha, terjangan angin puting beliung merusak 18 rumah pada tiga desa. Yakni, di Desa Puumbinisi sebanyak 11 rumah, satu rumah di Mumundowu dan 5 rumah di Lalodangge. “Kita sudah lakukan asesmen tadi (kemarin). Sudah diklasifikasikan ada yang rusak ringan, sedang dan berat. Di Puumbinisi ada satu rumah rata dengan tanah. Kalau di Mumundowu, satu rumah rusak berat akibat tertimpa pohon,” ujarnya, Jumat (25/9).

Di Kecamatan Amonggedo, sambungnya, puting beliung merusak 7 rumah warga pada tiga desa dan satu kelurahan. Di Desa Mendikonu dan Mataiwoi, masing-masing sebanyak satu rumah. Kemudian, di Desa Lalonona sebanyak dua rumah. Serta, tiga rumah warga lainnya di Kelurahan Amonggedo Baru.
“Di desa Lalonona, dua rumah rata dengan tanah. Untuk sementara itu hasil asesmen kami dari tim BPBD Konawe,” ucapnya.

Samsul menuturkan, puting beliung yang terjadi Kamis lalu, merupakan kali kedua yang menimpa wilayah otorita Kery Saiful Konggoasa. Sebelumnya, bencana serupa pernah terjadi diawal tahun 2020 tepatnya di Kecamatan Padangguni. Terkait dampak akibat bencana itu, lanjutnya, BPBD Konawe hanya bisa membantu dari segi pemenuhan kebutuhan dasar warga terdampak bencana saja. Adapun fisik rumah bangunan rumah warga yang mengalami kerusakan, menjadi ranah instansi lain dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Konawe.

“Insyaallah untuk pemenuhan dasar warga terdampak puting beliung, kita salurkan secepatnya. Hasil asesmen BPBD ini akan kita serahkan juga di Dinas PUPR Konawe. Makanya, kita juga sampaikan ke pemerintah desa tersebut agar membuat proposal dilampirkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) para korban. Supaya, bisa kami teruskan ke Dinas PUPR dalam hal ini Bidang Perumahan,” tandas Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Konawe itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy