1.028 Warga di Muna Diberi Bantuan Sambungan Air – Kendari Pos
Muna

1.028 Warga di Muna Diberi Bantuan Sambungan Air


KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 1.028 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Muna akan mendapat jatah sambungan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma. Progres pekerjaan pusat tersebut kini mencapai 75 persen. Direktur PDAM Muna, Nur Hayat Fariki, menerangkan, sambungan rumah tersebut merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui dana hibah penyertaan modal PDAM senilai Rp 2 miliar. Penerima manfaat program tersebut antara lain Kecamatan Katobu, Batalaiworu, Duruka, Lohia dan Watopute. “1.028 MBR itu tersebar di 19 desa/kelurahan,” terangnya, kemarin.

Nur Hayat Fariki

Masyarakat penerima manfaat program tersebut mendapat keringanan biaya dibandingkan pemasangan reguler. Kata Yayat–sapaan akrabnya–, setiap penerima hanya wajib melunasi biaya pemakaian dua bulan pasca pemasangan. Nominalnya Rp 300 ribu. Kewajiban itu juga menjadi syarat pencairan dana hibah di PUPR. “Jadi Rp 300 ribu itu bukan ongkos pemasangan, melainkan biaya pemakaian untuk Oktober dan November. Karena salah satu syarat penerima harus melunasi dulu dua bulan awal. Sedangkan bulan berikutnya akan disesuaikan dengan volume pemakaian masing-masing,” paparnya.

Ia menerangkan, 1.028 penerima manfaat hibah air minum itu telah diverifikasi oleh konsultan. Sejumlah persyaratannya meliputi, daya listrik yang terpasang pada rumah tangga tidak lebih besar dari 1.300 watt, bersedia menjadi pelanggan dan membayar biaya sambung yang jumlahnya lebih murah dari level reguler. Program tersebut kini telah berjalan sejak berapa bulan lalu. Dari total sambungan rumah penerima manfaat, lebih dari separuh telah terpasang. “Jika tak ada aral, program itu akan tuntas akhir September,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy