Zona Hijau di Konawe Bisa PBM Klasikal – Kendari Pos
Konawe

Zona Hijau di Konawe Bisa PBM Klasikal

Suriyadi


KENDARIPOS.CO.ID — Di era tatanan kehidupan baru pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe memproyeksi kembali menggelar proses belajar mengajar (PBM) klasikal atau tatap muka di dalam kelas. Hal tersebut juga dimungkinkan jika melihat angka pasien Covid-19 di Konawe yang kian menurun. Saat ini, beberapa kecamatan pun sudah berstatus zona hijau atau kategori aman dari penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadi, mengatakan, potensi PBM klasikal itu mulai nampak dari sebelumnya. Utamanya di beberapa kecamatan yang sudah dianggap aman dari pandemi. “Setelah kita perpanjang proses belajar dari rumah (BDR) sampai 8 Agustus, kita akan lihat lagi perkembangannya. Bisa jadi, untuk selanjutnya PBM klasikal sudah bisa dilakukan,” ujar Suriyadi, Senin (3/8) saat ditemui di ruang kerjanya.

Suriyadi mengaku, belakangan ini banyak mendapat masukan dari beberapa pihak khususnya orang tua siswa didik di Konawe. Katanya, sebagian besar dari mereka mengeluhkan anaknya yang mulai jenuh lantaran sudah empat bulan lebih melakukan PBM dari rumah. Beberapa sekolah di Konawe pun, sambungnya, sebenarnya sudah siap jika sewaktu-waktu kebijakan PBM klasikal diterapkan kembali.

“Tetapi kan, kita harus tetap mempertimbangkan risikonya. Siapa yang akan menjamin mereka (siswa didik) tidak terpapar corona. Saya juga harus konsultasikan niatan beberapa sekolah tersebut kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Konawe,” tutur mantan Kepala SMPN 1 Sampara itu.

Ketua PGRI Konawe tersebut juga memastikan, meskipun selama ini PBM di Konawe digelar via dalam jaringan (daring), laporan pembelajaran guru maupun siswa selalu dipantaunya setiap hari. Sehingga, kurikulum pembelajaran sekolah yang sudah disusun jauh-jauh hari bisa dijalankan meski ditengah gangguan wabah.

“Selain via daring, kita sampaikan ke sekolah yang akses jaringannya sulit agar belajar dengan sistem di luar jaringan (luring). Maksudnya, sekolah menyiapkan buku-buku untuk didistribusikan kepada para siswa didik. Sama halnya dengan daring, laporannya juga tetap kita pantau setiap hari,” pungkas Suriyadi. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy