Wali Kota Percepat Groundbreaking SPAM, PT Adhi Karya Berpeluang jadi Pengelola – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Percepat Groundbreaking SPAM, PT Adhi Karya Berpeluang jadi Pengelola

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memaksimalkan layanan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM), Pemkot Kendari membuka peluang kerja sama dengan investor. Dari tiga investor yang berminat, PT Adhi Karya yang dianggap paling siap. Saat ini, prosesnya sudah sampai penuntasan Feasibility Study. Kendati demikian, penentuannya tetap diputuskan lewat lelang terbuka. Pemkot terus berupaya mempercepat pembangunan (Groundbreaking) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) PDAM Tirta Anoa Kendari. Itu dilakukan untuk mengatasi masalah yang membelit salah satu perusda daerah itu sekaligus untuk memaksimalkan pelayanan air bersih bagi sekira 18 ribu pelanggan PDAM di Kendari.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, pembangunan SPAM Kota Kendari sudah bisa dilaksanakan pada Januari 2021 mendatang. “Kepada para pelanggan mohon bersabar, karena ini tidak sederhana problemnya. Kompleks sekali mulai dari intake nya, jaringan perpipaan termasuk pelayanan kepada masyarakat. Saya optimis kedepan dengan kolaborasi yang kami buat bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Sulkarnain.

Ditanya soal pemenang tender pembangunan SPAM Kendari, Sulkarnain menyebut PT Adhi Karya berpeluang besar menjadi pengelolanya. “Hasil market sounding kemarin ada tiga perusahaan menyatakan siap mengelola SPAM PDAM. Akan tetapi, sampai hari ini yang berminat sampai sungguh-sungguh serius itu adalah PT Adhi Karya. Saat ini, sudah sampai tahap penuntasan Feasibility Study. Tapi tentunya nanti diputuskan lewat lelang terbuka,” ungkap Sulkarnain.

Senada, Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin mengungkapkan PT. Adhi Karya berpeluang besar menjadi pemrakarsan pembangunan dan pengembangan SPAM di Kendari. Ia pun berharap, siapapun nanti yang memenuhi kualifikasi menjadi pengelola SPAM Kendari dengan nilai investasi sebesar Rp 380 miliar itu, wajib kiranya melakukan pembenahan disemua sisi. Mulai dari pembuatan intake, jaringan perpipaan dan lainnya.

“Karena ini sistemnya KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha), maka PDAM menunjuk PT Adhi Karya sebagai pemrakarsa. Akan tetapi syarat KPBU itu harus diatas 1 investor. Supaya terjadi penawaran harga mana yang paling terendah. Tapi nantilah hasil lelangnya kita lihat,” kata Damin. Dalam proyek pembangunan SPAM, ada 4 titik di wilayah Kota Kendari yang akan dibangun rumah produksi air bersih dengan luas masing-masing sebesar 1.500 meter persegi dengan kriteria lahan bebas banjir. Lokasinya pun harus tanah resmi milik Pemkot Kendari. (b/ags)

Pembangunan SPAM PDAM Tirta Anoa
-Ditargetkan Mulai Januari 2020
-Tahap Market Sounding
-PT Adi Karya Telah Menuntaskan Feasibility Study
-Nilai Investasi Rp 380 Miliar
-Sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha

Empat Titik Dibangun Rumah Produksi Air Bersih
-Lahannya 1,500 Meter Persegi
-Kawasan Bebas Banjir-Intake, Jaringan Perpipaan dan Pelayanan Turut Dibenahi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy