Wali Kota Kendari Tunggu Juknis Penggunaan Masker – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Kendari Tunggu Juknis Penggunaan Masker

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — DPRD Kendari meminta Peraturan Wali (Perwali) Kota Kendari tentang pengunaan masker diterbitkan. Namun Pemkot masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah pusat untuk menerbitkan regulasi itu.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengatakan, adanya aturan pengunaan masker merupakan penjelasan pemerintah pusat terkait dengan penerapan Adaptasi Kenormalan Baru (AKB) di setiap daerah, termasuk Kota Kendari.

“Kita sambut baik permintaan DPRD, karena itu juga demi kebaikan masyarakat di tengah Covid-19. Tapi untuk sementara, kita tunggu dulu informasi untuk menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah provinsi dalam hal ini keputusan pak Gubernur. Kalau sudah terbit, kita pasti akan menyesuakian,” tegas politisi PKS itu.

Ia mengungkapkan aturan menggunakan masker di era adaptasi kebiasaan baru ini penting dalam rangka melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Dalam aturan, pasti ada sanksi bagi yang melanggar. Ini (penggunaan masker) penting agar semua warga bisa saling menjaga dan tidak saling menularkan virus.

Sebelumnya, Anggota Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kendari Ilham Hamra berharap pemkot mengeluarkan perwali terkait pengunan masker tersebut. Setelah rencana ingin membuat Perda masker batal dibahas karena terkendala anggaran.

“Untuk tahun ini, kita tidak ada anggaran, sehingga perda ini kita belum bisa laksanakan. Tapi rencananya kita hanya akan mengeluarkan dalam bentuk perwali saja. Kita harapkan, pemkot merespon dengan menerbitkan perwali saja. Karena perwali lebih cepat,” ujar Ilham Hamra.

Selain karena terkendala anggaran, Ilham menjelaskan, bahwa kendala lainya adalah proses penyusunan hingga ditetapkanya sebuah perda akan memakan waktu yang cukup lama. Bahkan, bisa sampai 1 tahun.

“Kami usulkan, jika perwali dibuat, pemerintah harus mencantunkan saksi dalam perwali itu bagi masyarakat yang tidak mengunakan masker saat beraktvitas, guna mencegah penyebaran corona virus,” pungkasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy