Wali Kota Baubau Canangkan Kampung Keluarga Berkualitas – Kendari Pos
Bau-bau

Wali Kota Baubau Canangkan Kampung Keluarga Berkualitas

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau mendukung penuh program Pemerintah Pusat, salah satunya pembentukan kampung Keluarga Berkualitas (KB). Program tersebut memang bertujuan mewujudkan nawa cita Presiden Republik Indonedia, Joko Widodo. Salah satunya yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Komitmen menjaga sinergitas bersama pemerintah pusat dalam pembentukan kampung KB itu diperlihatkan Wali kota Baubau, AS Tamrin. Sampai saat ini Kota Baubau telah mencanangkan 10 kelurahan sebagai kampung KB. Teranyar adalah pencanangan kampung KB di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Surawolio.

“Kampung KB diharapkan menjadi salah satu kampung inovasi strategis. Untuk mengimplementasikan pelaksanaan program banggakencana. Dalam pelaksanaannya diupayakan dapat bersinergi dengan semua pihak terkait sesuai dengan kebutuhan dan wilayah masing-masing. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada tingkat kampung atau wilayah setaranya,” kata AS Tamrin, Selasa (11/8).

Menurut Wali Kota Baubau dua periode itu, pembentukkan kampung KB akan terus ditingkatkan. Pihaknya tidak akan berhenti pada 10 kelurahan saja, tetapi dimaksimalkan ke semua pemukiman. Untuk itu, keterlibatan dan peran aktif para lurah sangat dibutuhkan. Khususnya dalam upaya mendorong masyarakat agar selalu bekerja sama dalam membangun kampung inovasi strategis. “Perlu dukungan dan kerja bersama. Makanya peran aktif para lurah dalam mensuport warganya melakukan inovasi sangat dibutuhkan,” tandasnya.

Pencanangan kampung KB Kelurahan Kaisabu Baru turut dihadiri Kepala BKKBN Sultra, Asmar. “Saya harap ini bisa menjadi percontohan yang nanti dapat mewakili Kota Baubau sebagai yang terbaik pada tingkat Provinsi Sultra dan kalau bisa se Indonesia,” ujar Asmar. Sementara itu, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Baubau, Suarmawati, menuturkan penunjukkan Kelurahan Kaisabu Baru sebagai kampung KB telah memenuhi syarat dan kriteria.

Diantara lain, rendahnya jumlah peserta KB yang menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang, jumlah keluarga miskin masih diatas rata-rata, tingkat partisipasi aktif masyarakat, tokoh masyarakat dan agama, tokoh pemuda serta peran kader KB cukup tinggi. “Sehingga ke depan akan memudahkan semua pihak untuk melakukan pembinaan, pendampingan dan penguatan kampung KB,” tutupnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy