Usulan Pinjaman Pemkot ke PT SMI, Parlemen Beri “Lampu Hijau” – Kendari Pos
Metro Kendari

Usulan Pinjaman Pemkot ke PT SMI, Parlemen Beri “Lampu Hijau”

KENDARIPOS.CO.ID — Dua proyek besar yang digagas Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bakal berjalan mulus. Sebagai mitra, parlemen telah memberi lampu hijau Pemkot mengajukan usulan pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Apalagi proyek ini akan memberi dampak kemajuan daerah termasuk menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ketua DPRD Kota Kendari, H. Subhan mengaku tidak mempermasalahkan usulan Pemkot Kendari yang ingin meminjam dana sebesar Rp 349 miliar ke PT SMI dalam rangka membangun Rumah Sakit (RS) type D di Puuwatu dan jalur penghubung jalan Z.A Sugianto atau belakang RSUD Kota Kendari dan pertigaan kampus UHO.

“Pinjaman yang diusulkan Pemkot itu tidak menjadi persoalan. Apalagi pinjaman ini bertujuan untuk pembangunan Kota Kendari yang bisa menjadi potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Di sisi lain, Pemkot sudah menghitung kemampuan anggaran kita,” ujar Subhan kemarin.

Regulasi sambungnya, memberi ruang Pemkot mengajukan pinjaman ke PT SMI yang notabene dibawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ia berharap proses pengusulan pinjaman ini dipermudah. “Pinjaman itu adalah langkah pemerintah untuk memulihkan kembali ekonomi Kota Kendari. Jika tidak dilakukan, kita tidak kan tahu berapa tahun kondisi bisa pulih,” beber Subhan.

Wali Kota Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan syarat pinjaman adalah objek yang mendapat bantuan bisa memberikan sumbangan pendapatan daerah atau stimulan peningkatan ekonomi bagi wilayah sekitar. “Setelah ditaksir, Rumah Sakit type D bisa memberikan sumbangan PAD sekitar Rp 20 – Rp 35 miliar pertahun. Sedangkan pembangunan dua ruas jalan untuk memecah kemacetan dari wilayah Andonohu melalui jalan Z.A Sugianto,” jelasnya. (b/ags)

Dua Proyek yang Digagas Pemkot Kendari

  1. RS Type D di Puuwatu
    -Berpotensi Jadi Sumber PAD
    -Ditarksir Antara Rp 20-35 Miliar Pertahun
  2. Jalan Penghubung Z.A Sugianto-Pertigaan Kampus UHO
    -Pemecah Kemacetan dan Pengembangan Kota

Pinjaman ke PT SMI
Usulan Rp Rp 349 Miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy