Upacara HUT RI di Tengah Pandemi, Pemprov Sultra Tekankan Patuhi Porokes – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Upacara HUT RI di Tengah Pandemi, Pemprov Sultra Tekankan Patuhi Porokes

KENDARIPOS.CO.ID — Sang merah putih akan tetap berkibar di langit Sultra dalam upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19. Pemprov Sultra mendesain upacara HUT RI 17 Agustus nanti dalam balutan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. Pandemi tak menyurutkan sakralnya peringatan HUT RI.

Pemprov Sultra menekankan prokes Covid-19 secara ketat. Peserta upacara dibatasi, wajib memakai masker dan hand sanitizer. Menariknya, masih berkaitan dengan pencegahan Covid-19, Pemprov akan membagikan masker.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan, walaupun di tengah pandemi, kesakralan peringatan kemerdekaan RI tak akan sirna. Memang ada beberapa kegiatan yang tidak digelar seperti tahun-tahun sebelumnya namun berganti dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pembagian masker. “Dalam memperingati HUT RI ke-75, kita akan melakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) dan pembagian masker di 2.221 titik pada 15 Agustus. Masker yang dibagikan di 2.221 titik itu adalah merupakan akumulasi pembagian masker yang Pemprov lakukan sejak awal pandemik Covid-19 hingga saat ini,”ujarnya, kemarin.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Kominfo Sultra, Saifullah menjelaskan pembatasan undangan upacara HUT RI mutlak dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Setiap tamu upacara wajib mengenakan masker dan mengikuti panduan prokes. Undangan menghadiri upacara HUT terbatas, hanya sebatas Forkopimda Sultra, kepala OPD dan beberapa organisasi kemasyarakatan,” ujarnya.

Saifullah merinci Pemprov Sultra mengusung tema “Sultra Sejuta Masker” pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Sebelum puncak acara, Pemprov akan membagikan masker ke beberapa titik. “Jadi jumlahnya itu sekira 2.221 titik pembagian masker,namun ini akumulasi masker yang selama ini kita bagikan sejak awal pandemi, hingga 15 Agustus nanti,”ucapnya.

Pada 16 Agustus, Pemprov akan tetap melaksanakan apel kehormatan atau renungan suci di taman makam pahlawan (TMP). Esoknya, 17 Agustus 2020, upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan dipelataran kantor Gubernur Sultra. “Gubernur Sultra, Ali Mazi akan menjadi inspektur upacara (Irup) HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Lalu menyaksikan upacara HUT RI di Istana Negara secara virtual di Rujab Gubernur. Dilanjutkan sidang istimewa di gedung DPRD Sultra dan sore harinya upacara penurunan bendera,”jelas Saifullah.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan upacara HUT RI 17 Agustus mendatang diselenggarakan secara sederhana dengan meminimalisir kepesertaan dan pasukan pengibar bendera. “Mulai dari pasukan pengibar bendara (Paskibra) dan peserta, jumlahnya diminimalisir. Tidak semua bisa hadir seperti sebelum-sebelumnya. Jadi dilaksanakan dengan sederhana namun khidmat tanpa meninggalkan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19,” tuturnya kepada Kendari Pos.

Ali Mazi mengungkapkan patuh terhadap prokes Covid-19 menjadi syarat mutlak yang harus dijalani oleh pemerintah. “Kita harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Kita minta masyarakat untuk jaga jarak, gunakan masker dan lain-lain maka otomatis sebagai pembuat kebijakan kita pula harus mematuhi hal tersebut,” paparnya.

Menurut politisi NasDem ini hanya dengan patuh dan taat terhadap imbauan dan kebijakan pemerintah menjadi solusi meminimalisir penyebaran atau penularan wabah virus corona atau covid-19. “Kuncinya patuh dan taat. Mari kita bersama-sama memutus mata rantai penyebaran wabah corona atau covid-19,” pinta Ali Mazi. (rah/yog/b)

Upacara dalam Balutan Prokes

-Pemprov Sultra akan gelar upacara HUT ke-75 RI
-Lokasinya di pelataran kantor gubernur
-Gubernur Sultra, Ali Mazi menjadi inspektur upacara
-Tamu undangan dan personel Paskibra dibatasi
-Hanya Forkopimda Sultra, kepala OPD dan beberapa ormas
-Peserta upacara wajib patuh prokes Covid-19 :
*Jaga jarak
*Pakai masker
*Cuci tangan
-Prokes itu surat Menteri Sekretariat Negara B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020
-Tentang pedoman pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI
-Pedoman itu jadi acuan Pempro Sultra

Rangkaian Peringatan HUT RI
-Peringatan HUT tahun ini tak semeriah tahun sebelumnya
-Ada beberapa acara ditiadakan
-Setda Pemprov Sultra hanya menggelar kegiatan baksos
-Temanya Sultra Sejuta Masker
-Pembagian masker di 2.221 titik pada 15 Agustus
-Masker yang dibagikan adalah akumulasi masker sejak awal pandemi hingga kini
-16 Agustus, apel kehormatan/renungan suci di TMP
-17 Agustus, upacara pengibaran bendera merah putih di pelataran kantor gubernur
-Menyaksikan upacara HUT RI di Istana Negara secara virtual
-Dilanjutkan sidang istimewa di gedung DPRD Sultra
-Sore harinya upacara penurunan bendera

SUMBER : PEMPROV SULTRA
DATA DIOLAH KENDARI POS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy