Unsultra PTS Terbaik di Sultra Versi Kemendikbud – Kendari Pos
Edukasi

Unsultra PTS Terbaik di Sultra Versi Kemendikbud

Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Agric.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kembali membuktikan diri sebagai Perguran Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Bumi Anoa. Itu setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menobatkan Kampus SEKSI ini, sebagai PTS terbaik di Sultra berdasarkan hasil klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) 2020.

Pencapaian tersebut tentu semakin memotivasi para sivitas akademika untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik lagi, sehingga kedepannya Unsultra tidak hanya bisa menjadi PTS terbaik di daerah Sultra saja, tapi juga bisa masuk pada 100 jajaran PTS terbaik di Indonesia.

“Klasterisasi dari Kemendikbud patut kita syukuri di tengah keterbatasan yang ada. Tentu hal ini menjadi kebanggaan bagi mahasiswa dan alumni serta menjadi tambahan poin guna memperoleh kepercayaan dari masyarakat Sultra,” terang Rektor Unsultra, Prof. Andi Bahrun, M.Agric., pekan lalu.

Lanjut dia, prestasi yang membanggakan ini merupakan hasil kerja yang solid dari seluruh pimpinan, yayasan, dosen, mahasiswa, serta alumni di lingkup Unsultra. Namun, hal ini tentu akan menjadi tantangan bagi Unsultra ke depan agar lebih meningkatkan lagi kualitas pendidikan.

“Menjadi PTS terbaik di Sultra dalam pemeringkatan klasterisasi Kemendikbud 2020, menjadi salah satu indikator berkinerja baik yang dilakukan Unsultra dalam melakukan pengelolaan pendidikan tinggi. Tentu hal turut ini berimbas kepada peningkatan kepercayaan masyarakat sebagai slaah satu tempat menuntut ilmu dijejang pendidikan tinggi yang memiliki reputasi baik,” terangnya.

Diakuinya, klasterisasi perguruan tinggi se-Indonesia ini dinilai pada 4 indikator, yaitu indikator input, output, proses, dan outcome. Indikator input adalah mutu sumber daya manusia dan mahasiswa, indikator proses ditentukan oleh pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi. Capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi adalah indikator output dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi sebagai indikator outcome.

“Ke empat indikator ini masing-masing memberikan kontribusi dalam penilaian dalam klasterisasi Kemendikbud ini. Tentu dari ke empat indikator penilaian ini masih terus di genjot agar kedepanya bisa mengusilkan nilai atau poin yang lebih baik lagi,” katanya.

Pihaknya juga menuturkan, sangat membutuhkan kontribusi dan dukungan alumni dalam membesarkan Unsultra, agar tidak hanya menjadi kebanggan mahasiswa, alumni, masyarakat melainkan kebanggaan pemerintah. “Capaian ini jangan membuat kita sombong apalagi ria, jadikan ini sebagai tantangan kedepan untuk memberikan yang terbaik diatas ekspektasi masyarakat dan saya sangat terbuka jalin komunikasi untuk kebaikan kami,” ucapnya.

Sementara itu, kontribusi pemerintah daerah di Sultra dalam membangun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan terlebih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sangat diharapkan. Mengingat, semakin berkualitas perguruan tinggi maka daya saingnya ikut tinggi. Sebab, apabila daya saing sudah tercipta, maka mahasiswa baik dari ekonomi rendah, menengah sampai ekonomi atas, dari luar daerah juga akan banyak berkuliah di Sultra dengan begitu perputaran ekonomi semakin tinggi dan otomatis lebih banyak uang yang masuk.

Sebagai informasi, selain menjadi PTS terbaik di Sultra, Unsultra juga masuk pada jajaran 20 PTS terbaik wilayah Sulawesi 2020, dan secara nasional masuk peringjat 279 dari empat ratusan PTS di klaster 4. Serta menjadi PT dengan posisi ke dua terbaik di Sultra, setelah Universitas Halu Oleo. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy