Ummusshabri Kendari Sukses Gelar Webinar Internasional Seri II – Kendari Pos
Edukasi

Ummusshabri Kendari Sukses Gelar Webinar Internasional Seri II

KENDARIPOS.CO.ID — Yayasan Ummusshabri Kendari melalui lembaganya International Office of Ummusshabri kembali menyelenggarakan Webinar Internasional.Helatan ini untuk yang kedua kalinya setelah sukses pada webinar pertama yang dilaksanakan pada awal juli lalu. Webinar kedua ini mengangkat tema “Maintaining Education Quality During Covid-19” (Menjaga mutu pendidikan selama masa covid-19). Webinar ini dimaksudkan untuk memberikan solusi bagi para pendidik dalam mengatasi permasalahan dalam dunia pendidikan selama masa pandemi.

Webinar Internasional kedua ini menghadirkan narasumber dari berbagai negara di Asia, diantaranya :

  1. Mr. Katsuhiro Yamauchi, Asisten Profesor pada Pusat Pendidikan Bahasa Universitas Seinan Gakuin, Japan.
  2. Dr. (HC) Aslam Khan Bin Samahs , Wakil Ketua ERICAN Group, Malaysia.
  3. Mr. John Rey Osben Pelila, LPT, Guru pada Universitas Cordilleras Philipina
  4. Fajeri Ishak, S.Pd.I., M.Ed, (Kepala MI Ummusshabri Kendari). Indonesia

Beberapa catatan penting dari nara sumber webinar kali ini yaitu :
Mr. Katsuhiro Yamauchi (Jepang) mengatakan bahwa sejak ditutupnya sekolah di Jepang karena covid 19 dari tanggal 27 Februari sampai 27 Mei 2020 maka hasil survey kementerian pendidikan di Jepang menyebutkan pembelajaran masih didominasi dengan sistem penugasan berbasis teksbook, 24 % melalui Televisi pendidikan, 10% melalui group video, 29% melalui buku digital, dan hanya 5% yang menggunakan meeting zoom, 12% lainnya. “Sejak dibukanya kembali sekolah pada bulan juni maka guru dan siswa diwajibkan mengikuti protokol kesehatan seperti pakai masker, periksa suhu badan, pengurangan jam belajar,” terangnya dalam membawakan materi.

Katsuhiro juga menambahkan bahwa penerapan belajar online dapat meningkatkan tingkat kempuan siswa untuk belajar karena siswa di rumah juga bosan kalau tidak melakukan apapun.

Sedangkan Dr. (HC) Aslam Khan Bin Samahs dari Malaysia mengatakan bahwa pembelajaran berbasis online dimasa pandemi ini sebenarnya bukan masalah. “Sekarang kita sudah di era teknologi dan internet, terlebih bahwa di era Industri 4.0 pemanfaatan teknologi memang menjadi kebutuhan utama. Namun demikian, asalkan kita tidak menjadikan tehnologi itu sebagai pusat pembelajarannya, tetapi hanya sebagai alat pembelajaran,” paparnya.
Sedangkan menurut Mr. John Rey O. Pelila, LPT dari Filipina bahwa pembelajaran yang baik adalah pembelajaran kolaborasi yang menyesuaikan dengan konteks pada kehidupan sehari-hari. Namun ini hanya efektif jika diterapkan secara offline.

Sebagai pembicara terakhir Fajri Ishak, S.Pd.I., M.Ed Kepala MI Ummusshabri Kendari mengatakan bahwa pembelajaran di MI Ummusshabri dimasa pandemi ini menyesuaikan dengan keadaan atau menggunakan online dan offline secara bersamaan. “Selain itu juga melakukan beberapa penyesuain kurikulum seperti menyederhanakan mata pelajaran yang dipelajari ke mapel umum saja, mengurangi durasi waktu belajar dan merenggangkan jadwal hari pembelajaran yang bisa sekali atau 2x per minggu,” jelasnya.

Webinar kali ini mendapat apresiasi dari Ketua Dewan Pembina Yayasan Ummusshabri Kendari Drs. H. Arsidik Asuru, M.Ag. Menurutnya bahwa dengan SDM yang dimiliki Ummusshabri saat ini maka Ummusshabri sudah bisa disejajarkan dengan sekolah sekolah yang bertaraf internasional lainnya di beberapa negara maju di Asia; Jepang, Singapore, Malaysia, Thailand dan lainnya.” Salah satu indikatornya Ummusshabri telah mampu melaksanakan kegiatan berskala internasional seperti webinar internasional yang sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya.
Dimana pelaksana dan Salah satu nara sumbernya adalah SDM Ummusshabri, sembari beliau berharap agar kegiatan berskala iternasional terus digalakkan,” katanya.

Sementara ketua International Office of Ummusshabri Ari Sihad Syale, S.Pd menjelaskan bahwa kegiatan Webinar Internasional yang dilaksanakan pada 21 Agustus 2020 ini diikuti sekitar 230 orang dari berbagai kalangan dan wilayah melaui Zoom Cloud Meeting, TV Ummusshabri dan Youtube. Webinar ini dimoderatori oleh Guru MTs Ummusshabri Raden Alifian Setiawan, S.Pd dan di tutup oleh H. Zainal Mustamin, MA (Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari), mewakili Kepala Kanwil Kemenag Sultra.(adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy