UHO Lantik 37 Orang Apoteker Angkatan Pertama – Kendari Pos
Edukasi

UHO Lantik 37 Orang Apoteker Angkatan Pertama

Suasana pengambilan sumpah janji apoteker oleh dewan sidang yang dipimpin langsung
Rektor UHO Prof.Dr. Muhammad Zamrun, M,Si,M.Sc.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Halu Oleo (UHO) sudah meluluskan 37 orang apoteker angkatan pertama. Kemarin, Kamis (6/8/2020) dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji apoteker angkatan 1 Pendidikan Profesi Apoteker oleh Dekan Fakultas Farmasi yang didampingi oleh Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia yang diWakili Oleh Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Sultra, Dra.Harmawati Apt,M.Kes Sebagai Dewan Sidang.dan hadir pula Plt.Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr.Muhammad Ridwan, Dekan Fakultas Farmasi UHO beserta jajarannya.

Rektor UHO dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada puluhan apoteker yang telah mendapat sertifikat tersebut. Mereka diharapkan bisa membawa nama baik almamater serta bisa bekerja profesional di masyarakat. “Trimakasih sudah memilih UHO. Jadilah apoteker yang bekerja dengan baik dan profesional di luar sana. Bila Anda bisa bekerja dengan cerdas di masyarakat, hal tersebut merupakan promosi bagi almamater. UHO akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” paparnya dihadapan para apoteker yang dilantik di Gedung Auditorium UHO.

Demikian dikatakan Ketua PD IAI Sultra, para apoteker yang dilantik dan diambil sumpahnya tersebut sudah bisa langsung bekerja. Mereka memiliki lima surat setelah mengikuti kuliah profesi selama setahun lebih. Diantaranya ijazah dari UHO, sertifikat kompetensi, KTA dari IAI serta surat sumpah dan surat tanda registrasi (STRA) dari komite Farmasi Nasional. “Sehingga bila sejawat mendapat tawaran berpraktik di sarana kefarmasian, semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus surat ijin apoteker sudah tersedia,” Terang Dra.Harmawati Apt,M.Kes, mewakili Ketua DPP IAI.

Menurutnya, pekerjaan di bidang kefarmasian di masa depan masih memiliki prospek yang menjanjikan, terutama di bidang industri obat tradisional , kosmetik, bahan baku obat, distribusi farmasi serta pelayanan kefarmasian. Peluang untuk mendapatkan pekerjaan kefarmasian di masa depan sangat kompetitif, sehingga dibutuhkan kompetensi yang melebihi fresh graduate. “Saya berpesan kepada sejawat, berbuatlah melebihi kompetensi yang telah diberikan,” pungkasnya.

Sementara menurut Dekan Farmasi, Dr.Ruslin,M.Si, apoteker yang telah diambil sumpah ini adalah sarjana S1 Farmasi, kemudian mengikuti program profesi apoteker selama setahun lebih. Saat pendaftaran ada 40 orang namun tiga orang tidak lulus dalam ujian kompetensi nasional, sehingga yang disumpah saat ini 37 orang. “Harapan saya selaku dekan, apoteker angkatan pertama ini bisa menjawab kebutuhan akan tenaga kefarmasian di Sultra. Bagi alumni dari daerah, mereka bisa kembali ke daerah mereka. Demikian pemerintah setempat semoga bisa memanfaatkan tenaga apoteker dengan sebaik-baiknya,” katanya saat ditemui usai kegiatan.

Pelantikan ini dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Yakni menggunakan masker dan menjaga jarak masing-masing. (lis/adv).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy