Ternak Kambing, Pusat Bantu Kolut Rp 250 Juta – Kendari Pos
Kolaka Utara

Ternak Kambing, Pusat Bantu Kolut Rp 250 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) mendapat dukungan penganggaran dari pusat sebesar Rp 250 juta untuk pengadaan 50 ekor ternak kambing. Hewan tersebut akan dikembangkan pada satu kawasan perkebunan yang diintegrasikan dengan tanaman kakao. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa, menjelaskan, keberadaan puluhan ekor hewan itu telah tersebar pada beberapa wilayah.

Proses pembuatan kandang dengan luas area seperempat hektare sementara dikerja di Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua. “Kalau kandangnya sudah selesai maka seluruh ternaknya akan dikumpul dan dipelihara di sana,” katanya, Senin (24/8). Ternak yang diintegrasikan dengan perkebunan kakao itu tentu memberikan tambahan poin. Hewan akan beranak-pinak, kotorannya menjadi pupuk dan kakaonya tumbuh subur. “Kotorannya itu akan digunakan sebagai pupuk kakao di kawasan itu. Jika jumlahnya (ternak) sudah banyak bisa dijual keluar kawasan,” proyeksi Ismail Mustafa.

Sebagai langkah awal, akan dimulai dengan pembentukan badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT) oleh koperasi petani, baik di kawasan selatan, tengah dan utara Kolut. Nantinya, penanganan bukan hanya pada pengembangan ternak yang diintegrasikan tersebut, namun juga segala hal dalam kawasan sentra kakao seperti pembibitan, demplot, kebun kunjungan dan lainnya.

Untuk hilirisasi dan integrasi lahan tersedia yang akan dimanfaatkan dipilah 10 hektare sebagai penyangga. Demikian juga ukuran kebun induk, sama. “Total luasan kurang lebih 20 hektare. Sebenarnya pengadaan ayam ada juga. Tapi itu melalui APBD dan bukan bagian dari program integrasi kakao ini,” pungkas Ismail Mustafa. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy