Tekan Inflasi, Pemkot Kendari Gelar Pasar Tani Mobile – Kendari Pos
Metro Kendari

Tekan Inflasi, Pemkot Kendari Gelar Pasar Tani Mobile

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari kerap mengalami inflasi. Terutama saat pandemi virus corona beberapa bulan terakhir. Berdasarkan informasi dari BPS Sultra, tercatat pada Juli 2020 Kota Kendari mengalami inflasi sebesar 0,25 persen. Salah satu faktor terjadinya inflasi di Kota Lulo yakni naiknya harga beberapa komoditi sayuran seperti kangkung, daun kelor, bayam dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Untuk mengendalikan inflasi sejumlah komoditas sayur, Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari menggelar pasar tani mobile. Tampak ibu-ibu berbelanja sayur di pasar tani mobile di depan Kantor Wali Kota Kendari

Meski inflasi yang terjadi masih dalam kategori terkendali, namun Pemkot tak tinggal diam. Berbagai upaya dilakukan untuk menekan laju indek harga konsumen itu. Beberapa waktu lalu, pemkot melalui Dinas Pertanian langsung aksi di depan Kantor Wali Kota Kendari atau lebih tepatnya di Jalan Praja I dan II. Beragam jenis sayuran diperdagangkan. Seperti sawi, bayam, kangkung, cabai besar, cabai rawit dan pepaya.

“Kita harus tahu pandemi ini mempengaruhi seluruh sektor. Terutama hasil pertanian. Olehnya itu, saya instruksikan kepada Dinas Pertanian untuk berinovasi. Tujuannya tentu untuk menyediakan bahan pangan utamanya sayuran dengan harga yang bisa dijangkau masyarakat,” kata Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir.

Pasar tani mobile sambungnya, menjadi langkah awal dalam mengendalikan gejolak harga sayuran di tingkat konsumen dengan memperpendek rantai tata niaga sayuran. “Berdasarkan hasil survei, memang ada beberapa jenis sayuran yang mengalami kenaikan harga. Nah, kita tahu sayur itu salah satu kebutuhan pokok warga. Saya harap pasar tani mobile dapat memperpendek rantai pasok sayuran ke konsumen, sehingga konsumen dapat memperoleh sayuran dengan harga lebih terjangkau dan wajar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sitti Ganef mengatakan pelaksanaan pasar tani mobile pada masa pandemi Covid-19 bertujuan untuk meningkatkan ekonomi para petani lokal dengan meningkatkan posisi tawar petani produsen yaitu dengan menyediakan sarana pemasaran. Diharapkan petani di Kota Kendari dapat memasarkan hasil pertaniannya secara langsung ke konsumen.

“Jadi tidak ada alasan petani tidak memberdayakan kebun yang dimilikinya. Selain itu pasar tani mobile bertujuan untuk meningkatkan akses pasar bagi konsumen. Sesuai namanya, pasar ini nantinya akan berpindah-pindah (mobile). Kita akan menyasar kawasan padat penduduk yang jauh dari lokasi pasar,” ungkapnya.

Di sisi lain, petani produsen memperoleh keuntungan yang wajar. Sehingga marjin keuntungan lebih kompetitif. Harga sayuran tersebut diperoleh langsung dari petani yang tergabung dalam kelembagaan tani di Kota Kendari. (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy