Tahap Sosialisasi Berakhir, Program “Jari” Siap Diterapkan – Kendari Pos
Metro Kendari

Tahap Sosialisasi Berakhir, Program “Jari” Siap Diterapkan


KENDARIPOS.CO.ID — Program Jaga Kendari (Jari) siap diterapkan. Tahap sosialisasi yang menjadi proses pematangan sistem berbasis IT ini resmi berakhir. Penutupan masa sosialisasi ditandai dengan penandatangan komitmen bersama antara Inspekrat dengan 21 lurah mewakili 44 lurah dan pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari

Inspektur Inspektorat Kota Kendari, Syarifuddin (berdiri) saat mensosialisasikan program Jaga Kendari kepada para Lurah se-Kota Kendari, kemarin

Inspektur Inspektorat Kota Kendari Syarifuddin menjelaskan dengan berakhirnya tahapan sosialisasi maka Inspektorat akan fokus pada tahapan Grand Launching Aplikasi Jari. Rencananya, peluncuran aplikasi akan dilaksankan September mendatang.

“Saat ini, kita masuk kedalam tahap penyempurnaan sistem/fitur (menu) aplikasi. Dimana akan ada tiga fitur layanan yang akan disiapkan dalam aplikasi Jari, yaitu publikasi data dan layanan, saluran pengaduan dan fitur mesin antrian,” kata Syarifuddin, kemarin.

Ketiga fitur tersebut, kata Syarifuddin, erat kaitannya dengan pelayanan yang ada di Disdukcapil Kota Kendari. Sebab, insiasi layanan “bersih-bersih” kantor ini memang diperuntukan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Lebih lanjut, Syarifuddin menjelaskan bahwa program Jari ini merupakan salah satu solusi mencegah korupsi, sehingga setiap orang punya hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan administrasi pemerintahan. “Semua orang berurusan dengan pemerintah bebas suap pungli dan gratifikasi,” jelasnya.

Dia menambahkan, program Jari terinspirasi dari program KPK jaga.id. Program Jari juga merupakan proyek perubahan sebagai tugas Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) yang sedang ia lakukan.

“Tugas saya, bapak dan ibu lurah serta para pejabat dilingkup Diskdukcapi Kota Kendari adalah menjaga Kendari dari perilaku korupsi, suap, pungli dan gratifikasi (SPG). Saya ingin transparan dan warga mengawasi kita,” kata Syarifuddin.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengungkapkan, program Jari harus dijadikan komitmen dalam mencegah perilaku suap, pungli dan gratifikasi. Tak sekadar komitmen membangun sistem yang baik, namun wali kota berharap seluruh ASN Pemkot Kendari berkomitmen mengimplementasikannya dalam aktivitas sehari-hari. Motivasi kerja yang positif akan lahir jika sistemnya didesain menciptakan kinerja dan pelayanan yang optimal.

“Gagasan Jaga Kendari menjadi semangat bersama. Optimalkan mekanisme kerja di internal pemkot. Membangun sistem pengawasan, bukan hal yang murah. Namun, sistem ini bisa menciptakan efisiensi dan upaya memberantas suap, pungli, dan gratifikasi,” ungkap Sulkarnain. (b/m2/ags)

Program JARI Pemerintah Kota Kendari:

  1. Berantas Suap Pungli dan Gratifikasi
  2. Terapkan Aplikasi Berbasis IT
  3. Putus Rantai Birokrasi yang Berbelit
  4. Pelayanan Semakin Mudah
  5. Bangun Birokasi yang Bebas Korupsi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy