Sulkarnain akan Bangun RS di Puuwatu dan Jalan Penghubung Perempatan RSUD-Pertigaan Kampus – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Sulkarnain akan Bangun RS di Puuwatu dan Jalan Penghubung Perempatan RSUD-Pertigaan Kampus

KENDARIPOS.CO.ID — Dua proyek besar tengah digagas Pemkot Kendari. Proyek ini ditaksir menelan anggaran sebesar Rp 369 miliar. Dua proyek ini adalah pembangunan Rumah Sakit (RS) dan pembangunan jalan yang menghubungkan perempatan RSUD Kota Kendari dengan pertigaan kampus Univesitas Halu Oleo (UHO). Untuk menghubung jalur ini, Pemkot akan membangun jembatan Kali Kadia (di belakang RSUD). Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengungkapkan kedua proyek ini membutuhkan anggaran sekira Rp 349 miliar. Rinciannya, Rp 146 miliar untuk pembangunan RS yang berlokasi di kawasan Puuwatu. Sementara Rp 203 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan. Untuk pembiayaan, Pemkot berencana akan mengajukan pinjaman.

“Kami sudah sampaikan suratnya ke dewan. Isinya tentang usulan pinjaman daerah dalam rangka pembangunan rumah sakit umum daerah serta penyediaan alat kesehatannya dan pembangunan jalan dan jembatan Kali Kadia yang nantinya akan menghubungkan RSUD Kota Kendari dengan pertigaan kampus UHO. Kurun waktu pengembaliannya 1 tahun,” kata Sulkarnain kemarin.

Lebih lanjut, Sulkarnain mengungkapkan akan melakukan peminjaman pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) tahun depan untuk memperbaiki postur anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) serta percepatan pembangunan dua proyek pemerintah tersebut. “Syarat pinjaman ini salah satunya objek yang mendapat bantuan bisa memberikan sumbangan pendapatan daerah atau stimulan peningkatan ekonomi bagi wilayah sekitar,” kata Sulkarnain. “Alhamdulillah, setelah kami taksir, Rumah Sakit type D bisa memberikan sumbangan PAD sekitar Rp 20 – Rp 35 milyar setiap tahun. Sedangkan pembangunan dua ruas jalan untuk memecah kemacetan dari wilayah Andonohu melalui jalan Z.A Sugianto depan RSUD Kendari,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan menyambut baik rencana Pemkot yang ingin membangun RS baru dan beberapa ruas jalan penghubung. “Kota semakin berkembang, ekonomi, jumlah penduduk, semua meningkat. Nah ini harus seimbang dengan sarana dan prasarana infrastruktur. RS sangat penting, apalagi dalam menghadapi wabah yang tidak bisa kita prediksi datangnya. Begitupun jalan. Sama pentingnya agar bisa memecah kemacetan yang bisa terjadi di jalan By Pass (Jembatan Triping),” jelasnya. Atas masukan dan permohonan itu, Subhan bersama 34 legislator kendari dalam waktu dekat akan menggelar rapat untuk membahas program tersebut. “Ini kan untuk kepentingan kita semua, jadi segera akan kita bahas,” kata Subhan. (b/m2/ags)

Dua Proyek Besar yang Digagas Pemkot

  1. Pembangunan RS Type D di Puuwatu
    -Anggaran Rp 146 Miliar
    -Gedung dan Peralatan Kesehatan
  2. Pembangunan Jalan
    -Anggaran Rp 203 Miliar
    -Mengubungkan Perempatan RSUD Kendari-Pertigaan Kampus
    -Jalan dan Jembatan Kali Wanggu

Sumber Pembiayaan
Dana Pinjaman PT SMI
Waktu Pengembalian 10 Tahun

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy