Sulit Daring, Guru Datangi Rumah Siswa – Kendari Pos
Buton

Sulit Daring, Guru Datangi Rumah Siswa

KENDARIPOS.CO.ID — Buton masih menjadi daerah rawan penyebaran Covid-19. Makanya di otorita Bupati, La Bakry tersebut belum diizinkan untuk menggelar proses belajar mengajar (PBM) tatap muka. Siswa dan guru belum bisa berinteraksi dalam kelas. Makanya setiap daerah dituntut untuk menyusun regulasi untuk tetap mentransfer ilmu pengetahuan pada siswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, La Naji, membenarkan, saat ini PBM di Buton belum bisa digelar tatap muka. “Kita di sini masih zona merah pekat, jadi masih dicoba efektifkan PBM dari rumah,” katanya, Senin (10/8). Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Pasarwajo itu melanjutkan, target pembelajaran di era pandemi tidak harus menuntaskan kurikulum. Kemudian bisa belajar dari rumah. Begitu aturan dari Pemerintah Pusat.

“Jadi kita fokusnya pada pembiasaan siswa. Makanya mereka tetap harus mengenakan pakaian sekolah ketika gurunya datang ke rumah,” tambahnya. Diakui La Naji, pola itu memang sangat tidak efektif dengan berbagai keterbatasan di Buton. Salah satunya sulit menerapkan pola belajar dalam jaringan (daring) atau online. “Setelah diinventarisasi, hanya berapa sekolah yang bisa daring. Solusinya guru berkeliling secara periodik di rumah siswa,” lanjutnya. Berbekal modul pelajaran, guru membuat jadwal pertemuan dengan siswa. Dalam sepekan bisa tiga kali pertemuan. “Cara ini sudah efektif pada tahun ajaran baru ini,” pungkas La Naji. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy