Sukses Tangani Dampak Covid-19, Surunuddin jadi Narasumber di Webinar UGM – Kendari Pos
Konawe Selatan

Sukses Tangani Dampak Covid-19, Surunuddin jadi Narasumber di Webinar UGM

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dianggap berhasil menangani dan menanggulangi penyebaran Covid-19. Baik pada awal penyebaran wabah, maupun saat penerapan tatanan kebiasaan hidup baru. Keberhasilan dimaksud, yakni sukses memberlakukan sejumlah kebijakan, seperti penerapan protokol kesehatan dan penanganan kesehatan, stimulus percepatan dan pemulihan ekonomi dan penyaluran jaring pengaman sosial (JPS). Detail program yang digulirkan ke tengah masyarakat khususnya warga yang terdampak pandemi secara ekonomi diantaranya, Bansos Sembako, Bansos Tunai, BLT Dana Desa dan program prioritas lainnya, juga kebijakan inovasi daerah.

Atas alasan itu, pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) mengapresiasi dengan mengundang Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, menjadi pembicara Webinar dengan Tema ” Pengalaman Pemda Dalam Implementasi Kebijakan Penanganan Covid-19″. Selain Bupati Konsel, webinar yang dipimpin Ketua Program Studi Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (MDKIK) UGM, Prof Dr Muhadjir Darwin ini, Juga melibatkan Bupati Kepulauan Talaud (Provinsi Sulawesi Utara) Elly Engelbert Lasut, Bupati Mimika (Papua), Eltinus Omaleng, Bupati Fak-Fak (Papua Barat), Mohammad Uswanas.

Dalam paparan Webinar yang digelar Sabtu (29/8) di ruang rapat Kantor Bupati Konsel, Surunuddin menyampaikan pelaksanaan kebijakan penanganan wabah corona di Konsel fokus pada enam bagian program kerja yakni, Gerakan Masyarakat Sehat dan Cerdas, Refocusing Anggaran, Bansos, Kebijakan Masa Pandemi, Penerapan New Normal dan Inovasi Daerah. Sebelum Covid menerpa, Pemkab Konsel telah memiliki strategi sekaligus bagian langkah antisipatif dengan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda). Khususnya dibidang kesehatan dan pendidikan yang dituangkan dalam RPJMN Tahun 2016. Sehingga ketika pandemi melanda, masyarakat tidak panik menghadapi karena terbiasa hidup sehat.

“Sedangkan di masa new normal saya menerbitkan Perbup nomor 443.1/216 tentang panduan pencegahan dan penularan covid-19 dibidang pelayanan publik dan dibidang pendidikan,” tambahnya. Dibidang inovasi daerah, mantan Ketua DPRD Konsel ini menyatakan, untuk menghindari kontak langsung pengurusan perizinan, Pemkab bekerjasama dengan sertifikat IOTENTIK berbasis email untuk supporting mekanisme penandatanganan dokumen pada Dinas Perizinan.

“Kita juga bersama TNI-Polri bersinergi mengimbau secara masif pada seluruh lapisan masyarakat untuk terus konsisten, disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker saat beraktifitas atau di ruang publik melalui pencanangan gerakan “Konsel Bermasker,” tambahnya. Sementara itu, Ketua Prodi di UGM, Prof. Muhadjir menyampaikan apresiasinya atas kebijakan Pemkab Konsel dalam mengantisipasi penularan wabah. Seminar yang dilaksanakan dalam jaringan tersebut, turut di hadiri Sekretaris Kabupaten, H. Sjarif Sajang, beberapa Kepala Bagian dan Pimpinan OPD. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy