Sri Lestari Bekali Kader Bina Keluarga Balita dan Lansia – Kendari Pos
Aneka

Sri Lestari Bekali Kader Bina Keluarga Balita dan Lansia

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) di Kota Kendari belum sebanding dengan keberadaan posyandu. Saat ini, hanya ada 60 kelompok BKB dan BKL. Sementara ada 213 posyandu. Untuk itulah, Pemkot Kendari terus meningatkan kapasitas kadernya. Tahun ini, Pemkot melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kendari menargetkan bisa membentuk BKB dan BKL tiap posyandu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari mengatakan BKB dan BKL menjadi garda terdepan pelayanan di posyandu. Makanya, kapasitasnya harus ditingkatkan. Sebab mereka harus mampu memberikan pemahaman pada warga agar tetap melakukan pemeriksaan kesehatan di posyandu. “Para kader harus bisa memberikan pelayanan yang baik. Mereka juga harus bisa jadi contoh yang baik,” kata Sri Lestari saat memberi pembekalan kader BKB dan BKL.

Ia meminta para kader lebih peka melihat kondisi lingkungannya. Sebab masih ada ditemukan kasus gangguan kesehatan yang terjadi pada anak-anak. “Berdasarkan kunjungan saya di beberapa tempat, saya menemukan anak-anak yang perlu penanganan kesehatan. Ini menjadi catatan penting agar ibu hamil atau yang memiliki balita tetap rajin memeriksakan diri,” kata Sri Lestari.

Peran kader BKB dan BKL sangat penting dalam memberi pemahaman. Dengan begitu, kasus stunting, gangguan kehamilan dan lainnya bisa dicegah. “Selain rutin memeriksakan kesehatan di Posyandu dan faskes, berat badan, nutrisi dan hal-hal yang harus diperhatikan. Setelah lahiran, mereka harus membawa anaknya ke posyandu untuk dimunisasi. Kita juga wajib berkonsultasi dengan pelayanan kesehatan terkait tumbuh kembang anak,” kata istri Wali Kota Kendari ini.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kendari, Hasria mengatakan, penguatan kader BKB dan BKL telah menjadi agenda tahunan. Langkah ini tak lain untuk meningkatkan wawasan para kader yang ada disetiap kelurahan. “Kami terus merefresh pada kader terutama berkaitan dengan pemahaman dan pengetahuannya. Misalnya, bagaimana cara ibu mengetahui tumbuh kembang anak seperti apa,” jelasnya. Di Kendari lanjutnya, ada sebanyak 64 kelompok BKB dan BKL. “Jumlahnya akan kita terus tingkatkan kedepannya. Kita targetkan 1 posyandu itu punya 1 BKB dan BKL. Saat ini, ada 213 posyandu. Makanya , kita terus meningkatkan kapasitas kader. Insyah Allah, nanti akan terpenuhi,” pungkasnya. (b/m2/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy