Spesialis Intelijen Peredam Konflik, Kendari Pos Apresiasi Kinerja Irjen Merdy – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Spesialis Intelijen Peredam Konflik, Kendari Pos Apresiasi Kinerja Irjen Merdy

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (dua dari kanan) menyerahkan cendera mata kepada Kapolda Sultra, Irjen Pol Merdisyam (dua dari kiri) di ruang kerja Kapolda Sultra, Kamis (6/8) kemarin. Tampak Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (kiri) dan Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintukan (kanan).

KENDARIPOS.CO.ID — Punya latar belakang intelijen, sosok Irjen Merdisyam khatam soal penggalangan massa, merangkul dan merebut hati masyarakat Sultra. Kepiawaian menjalin komunikasi dan pendekatan humanis yang dibangun jenderal bintang dua itu menjadikan Sultra jauh dari beragam potensi konflik.

Jenderal yang karib disapa Irjen Merdy bukan orang baru di dunia intelijen. Tahun 2012, dia menjabat Wadir Intelkam Polda Jabar. Di tahun yang sama, dia ditugaskan menjadi Wadir Intelkam Polda Metrojaya (2012). Setahun kemudian, tepatnya tahun 2013, Irjen Merdisyam menjabat Dirintelkam Polda Gorontalo.

Tahun 2015, Irjen Merdisyam dipercaya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Ekonomi Baintelkam Polri. Setahun kemudian, dimutasi menjadi Direktur Intelkam Polda Metro Jaya pada tahun 2016. Tugas Irjen Merdisyam tak jauh-jauh dari dunia intelijen. Lagi-lagi dia diamanatkan mengemban tuas sebagai Direktur Ditsosbud Baintelkam Polri, tahun 2018.

Sederet pengalaman dan spesialisasinya dibidang intelijen, turut berkontribusi terhadap suksesnya Irjen Merdisyam dalam mengemban tugas sehingga dipercaya menjadi Kapolda bertipe A, Kapolda Sultra pada September 2019. Dan terkini mengemban amanah sebagai Kapolda Sulsel sesuai Surat Telegram Kapolri nomor bernomor ST/2247/VIII/Kep 2020, tertanggal 3 Agustus 2020.

Irjen Pol Merdisyam masih terus mendedikasikan dirinya mengabdi kepada masyarakat Sultra sebelum serah terima jabatan (sertijab) dalam melanjutkan pengabdian sebagai Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel). Dedikasi Irjen Merdisyam selama sembilan bertugas di Sultra diapresiasi Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin saat silaturahmi kepada Irjen Merdisyam di Mapolda Sultra, Kamis (6/8) kemarin. Dalam pertemuan itu, Dirut Kendari Pos mempersembahkan penghargaan berupa cendera mata kepada Irjen Merdisyam.

Suasana diskusi direksi dan manajemen Kendari Pos bersama Kapolda Sultra.

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengungkapkan, kehadiran Irjen Pol Merdisyam memberikan perubahan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Sultra ke arah yang lebih baik. Awal bertugas di Sultra, tanggung jawab besar dalam meredam riak-riak yang terjadi. Namun, tidak butuh waktu yang lama melalui pendekatan-pendekatan humanis pada seluruh elemen masyarakat sehingga konflik yang terjadi bisa diredam.

“Selama memimpin Polda Sultra, daerah kita terlihat damai dan aman. Keterlibatan kepolisian dalam aksi peduli sosial juga tinggi. Olehnya itu, kami memberikan apresiasi kepada Kapolda. Selamat atas kenaikan pangkat dari Brigjen ke Irjen. Selamat pula menjadi Kapolda Sulsel meski belum sertijab. Terima kasih atas dedikasinya terhadap Sulawesi Tenggara dan menjadikan kami mitra terbaik,” ungkap Irwan Zainuddin.

Kapolda Sultra Irjen Pol Merdisyam menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan Kendari Pos. Dukungan Kendari Pos terhadap kinerja kepolisian dinilai sangat membantu selama ini. Irjen Merdisyam mengakui, masih cukup banyak gagasan yang hendak diimplementasikan selama ini. Namun, pandemi covid-19 menjadi penghambat sehingga belum bisa direalisasikan.

Tak hanya pola kedekatan dengan masyarakat, termasuk insan pers menjadi perhatian jenderal bintang dua itu. Irjen Merdisyam memberikan perhatian serius terhadap para pekerja media. Bahkan sedang membangun gedung khusus sebagai Balai Wartawan. “Saya ingat betul waktu masih pangkat kapten (AKP, red). Saya sespri kapolda waktu itu. Kedekatan kapolda saya dengan teman-teman wartawan sangat erat. Bahkan mereka sering makan bersama. Makanya, saya coba bangun Balai Wartawan ini supaya bisa lebih dekat dengan teman-teman,” ungkap Irjen Merdisyam.

Selain itu, pertemuan Kapolda Sultra dan Dirut Kendari Pos juga membahas mengenai peta kerawanan pilkada serentak 2020. Tak hanya membicarakan peta kerawanan pilkada di Sulawesi Tenggara, namun juga hajatan serupa di Sulawesi Selatan. Bahkan, skala kerawanan pilkada di Sulsel, khususnya Pilwali Makassar jauh lebih tinggi dibanding pilkada serentak di Sultra.

Untuk diketahui, Irjen Pol Merdisyam menjadi Kapolda Sulsel telah tertera dalam Surat Telegram Kapolri nomor bernomor ST/2247/VIII/Kep 2020, tertanggal 3 Agustus 2020, namun masih menunggu jadwal sertijab. Posisi yang ditinggalkan Irjen Pol Merdisyam akan diisi oleh Brigjen Pol Yan Sultra Indrajaya, yang sebelumnya adalah Wakapolda Sultra. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy