Sorgum Mulai Dipanen di Lambandia – Kendari Pos
Kolaka Timur

Sorgum Mulai Dipanen di Lambandia

Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah ketika melakukan panen perdana tanaman sorgum di Kecamatan Lambandia.


KENDARIPOS.O.ID — Komitmen H. Tony Herbiansyah mewujudkan visi agrobisnis berdaya saing, direalisasikan satu persatu. Akhir pekan lalu, Bupati Kolaka Timur (Koltim) itu mengikuti panen perdana tanaman sorgum seluas 22 hektare di Desa Mokupa, Kecamatan Lambandia. Dalam kesempatan itu, Tony menyampaikan, Pemkab menyiapkan bantuan bibit sorgum untuk ditanam pada kawasan hingga luasan 1.300 hektare.

Rinciannya, untuk 1.200 hektare disuplai dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dan 100 hektare diberikan melalui bantuan dana APBN. Koltim-1 itu mengaku, program penanaman sorgum merupakan skala prioritas. Apalagi tanaman tersebut juga menjadi program Kementerian Pertanian menuju ketahanan pangan nasional. Bukan hanya menyalurkan bantuan sorgum, Pemkab juga menyiapkan mesin pengupas sehingga hasil panen mudah dikonsumsi masyarakat.

“Sorgum ini sangat ekonomis serta sangat cepat produksinya. Kalau butuh bibit, akan disiapkan melalui dinas teknis. Panen ini bisa menjadi motivasi bagi petani lainnya” ungkapnya usai panen perdana yang turut dihadiri Ketua TP-PKK Koltim, Hj. Surya Adelina Hutapea dan Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir.

Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim, Lasky Paemba, mengatakan, saat ini sorgum telah banyak ditanam petani. Di Kecamatan Lambandia ada seluas 63 hektare dan 22 hektare diantaranya, siap panen.
“Petani sangat mendukung program ini, bahkan mereka swadaya untuk melakukan penanam sendiri,” timpalnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy