SMPTN UHO 2020 Gunakan Nilai Rapor, Pendaftaran Dibuka Hingga 21 Agustus – Kendari Pos
Edukasi

SMPTN UHO 2020 Gunakan Nilai Rapor, Pendaftaran Dibuka Hingga 21 Agustus

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 memaksa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, termasuk Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan berbagai perubahan. Selain menerapkan metode perkuliahan virtual, perubahan yang signifikan adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru (Maba) melalui jalur mandiri.

Kali ini, kampus yang dipimpin oleh Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu ini, membuka jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) secara online dan tanpa tes masuk.

Jika sebelumnya, pihak UHO membuka seleksi jalur mandiri dengan sistem tes tulis. Maka SMPTN tahun ini sepenuhnya menggunakan standar nilai rapor pendaftar. Kebijakan ini terkait kondisi mayoritas daerah di Sultra yang masih memiliki kasus positif Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, La Hamimu mengungkapkan, pendaftaran seleksi mandiri tahun ini diputuskan menggunakan nilai rapor. Sebab, jika menerapkan tes tulis seperti tahun sebelumnya, dikhawatirkan menjadi cluster baru penyebaran Covid-19. “Langkah ini merupakan upaya universitas untuk ikut menekan angka penularan Covid-19. Pasalnya, jika SMMPTN UHO dibuka dengan menerapakan seleksi tertulis, tentu akan terjadi perkumpulan orang banyak di lingkup kampus. Dan hal itu masih kita hindari saat ini,” ungkapnya pada Kendari Pos, Kamis (13/8).

Untuk itu, bagi calon Maba yang ingin melanjutkan studi di UHO bisa segera melakukan pendaftaran jalur SMMPTN UHO melalui laman https://spmb.uho.ac.id. “Tahun ini seluruh tahapan diselesaikan secara online dengan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan, seperti nilai rapor maupun sertifikat prestasi yang bisa menjadi salah satu penilaian penting jalur ini,” katanya.

Lanjutnya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui calon Maba UHO yakni, terlebih dahulu membuat akun SMMPTN hingga 20 Agustus, kemudian melakukan pembayaran biaya pendaftaran pada bank BRI senilai Rp. 150.000 sampai 21 Agustus, kemudian melakukan pengisian portofolio dan pemilihan Program Studi (Prodi) sampai pada 25 Agustus. Selanjutnya verifikasi dan seleksi dari 25-30, serta pengumuman SMMPTN dilakukan pada 31 Agustus 2020.

“Pada jalur ini, seluruh jurusan yang ada di UHO dibuka. Bahkan, dijalur SNMPTN dan SBMPTN yang sudah berakhir pendaftaranya, menyisahkan ada beberapa Prodi yang kuotanya belum terpenuhi,” tuturnya.

Sebagai informasi, tahun ini UHO menyiapkan kuota Maba sebanyak 8.760 yang terbagi pada jalur melalui tiga jalur pendaftaran yakni, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 30 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 40 persen dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) dengan besaran kuota 30 persen. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy