Serapan Anggaran Baru Capai 24 Persen – Kendari Pos
Metro Kendari

Serapan Anggaran Baru Capai 24 Persen

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, H. Nur Endang Abbas

KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi serapan anggaran refocusing terbilang tinggi. Hingga kini, anggaran yang terserap untuk penanganan covid-19 sudah di atas 80 persen. Sayangnya, nilainya berbanding terbalik serapan APBD secara keseluruhan. Pertanggal 10 Agustus, nilainya baru mencapai 24 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, H. Nur Endang Abbas mengatakan penyerapan anggaran belum maksimal. Pasalnya, sejumlah proyek belum dimulai. Namun ia optimis angkanya akan meningkat di akhir Agustus ini. Tapi khusus anggaran refocusing telah di atas 80 persen.

“Kalau serapan APBD, baru sekira 24 persen per 10 Agustus. Makanya, kami terus mendorong dilakukan percepatan. Insya Allah, akhir Agustus kita berharap sudah bisa tender dan bisa mencapai 50 persen,” kata mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra ini kemarin.

Mantan Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Sultra itu menambahkan ada 10 OPD yang nilai serapannya agak rendah. Salah satunya, Biro Kerjasama. Namun ia cukup memaklumi lantaran Biro Kerjasama kemarin sempat akan dilikuidasi. Namun setelah dikaji, OPD akhirnya tetap dipertahankan.

Sebagai besar OPD yang nilai serapannya rendah berkaitan dengan pengerjaan infrastruktur. “Kebanyakan memang dinas yang berkaitan dengan infrastruktur. Pada masa pandemi ini, ada beberapa proyek yang mulai kontrak pada 14 Agustus,. Insya Allah, kita akan genjot sampai semuanya selesai. Termasuk proyek yang anggarannya bersumber dari SMI,” jelasnya.

Rendahnya serapan anggaran ini disebabkan banyak rekanan yang tidak mengambil uang muka. Biasanya, mereka baru mencairkan anggarannya setelah proses pengerjaannya rampung. “Pak gubernur telah meminta OPD segera mencairkan uang muka rekanan. Sebab hal ini mempengaruhi percepatan serapan anggaran,” kata mantan Asisten II Setda Sultra itu. (b/rah)

Serapan Anggaran

  1. Refocusing di Atas 80 Persen
    -Sigap Tangani Covid-19
  2. APBD Baru 24 Persen (Pertanggal 10 Agustus)
    -Rekanan Enggan Ambil Uang Muka
    -Pengerjaan Infrastruktur Tertunda
  3. Ditargertkan Capai 50 Persen Akhir Agustus
    -Tender Sejumlah Proyek Infrastruktur Telah Rampung

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy