Semarak Kemerdekaan, Pemkot Kendari Gelar Beragam Lomba untuk Pelajar – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Semarak Kemerdekaan, Pemkot Kendari Gelar Beragam Lomba untuk Pelajar

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Corona Virus (Covid-19) bukan menjadi penghalang bagi Pemerintah Kota Kendari untuk menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini, Pemkot melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari menggelar berbagai lomba bernuansa perjuangan kemerdekaan di Graha Pena Kendari Pos. Peserta didik tingkat TK, SD dan SMP akan berkompetisi dalam berbagai lomba.

Plt. Kepala Dikmudora Kota Kendari, Makmur mengatakan pelaksanaan semarak HUT RI sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air sejak dini yang dituangkan dalam bentuk lomba. “Sehingga ketika siswa dewasa nanti, mereka paham seperti apa bangsa Indonesia, bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, gotong royong dan kekeluargaan,” ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (24/8) kemarin.

Lebih lanjut, Makmur mengungkapkan, meskipun kegiatan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, pihaknya menjamin pelaksanaan semarak kemerdekaan ala Pemkot Kendari menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan aman untuk dilaksanakan.

“Di era kenormalan baru ini kita harus bangkit, termasuk di dunia pendidikan. Dengan semangat perjuangan mari kita mendorong anak-anak kita untuk berkreatisi. Tetapi tetap memastikan mereka melaksanakan kegiatan sesuai Prokes Covid-19. Saya minta disela kegiatan ada sosialisasi tentang kebiasaan baru itu (menggunakan masker), sehingga mereka teredukasi sejak dini,” kata Makmur.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik pelaksanaan Semarak Kemerdekaan ala Pemkot Kendari tahun 2020. Menurutnya, pelaksanaannya rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya karena masih diliputi pandemi Covid-19.

Meski begitu lanjut Sulkarnain, bukan berarti semangat dan nilai-nilai kemerdekaan berkurang. Justru sebalikanya, pandemi Covid-19 menjadikan masyarakat semakin kuat dan bersatu dalam menghadapi permasalahan bangsa. “Orang tua bisa semakin dekat dalam membimbing anaknya dirumah. Memberikan edukasi dan pemahaman tentang semangat kemerdekaan, edukasi tentang bahaya covid dan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” kata Sulkarnain.

Ia pun berharap pelaksanaan lomba bisa berjalan lancar dan sukses tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Saya titip pesan kepada penyelenggara agar betul-betul menerapkan Prokes Covid-19 secara ketat kepada peserta. Anak-anak kita yang kurang fit jangan dilibatkan. Semua harus patuh pada prokes yang ditetapkan pemerintah. Pakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Sulkarnain.

Sementara itu, manajer Direktur Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan selain untuk menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Semarak Kemerdekaan sebagai sarana untuk mengatasi kejenuhan peserta didik yang selama ini melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) secara daring.

Adapun berbagai lomba yang bakal digelar yaitu lomba mewarnai tingkat TK yang dilaksanakan di rumah masing-masing siswa secara daring. “Khusus lomba tingkat TK pelaksanaannya secara daring. Saat mewarnai pola yang ada pada Koran Kendari Pos edisi 24 Agustus (kemarin), orang tua wajib memvideo. Setelah selesai, hasil mewarnai difoto dan kirimkan kepada panitia melalu Whatsapp di nomor 08114057290 untuk dinilai,” kata Nursyamsi.

Sedangkan untuk peserta didik ditingkat SD dan SMP kata Nursyamsi, panitia sudah menyiapkan masing-masing lomba puisi dan cerdas cermat. “Untuk kedua lomba tersebut akan dilaksanakan di Aula Graha Pena Kendari Pos. Lomba puisi dilaksanakan pada 25 Agustus, sedangkan lomba cerdas cermat dilaksanakan pada 26 Agustus,” jelasnya.

“Sekedar informasi, seluruh kegiatan lomba dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, siswa diwajibkan memakai masker, mencuci tangan pada wadah yang disiapkan serta menjaga jarak aman,” ungkap Nursyamsi. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy