Sekolah Zona Hijau dan Kuning Bisa PBM Tatap Muka – Kendari Pos
Edukasi

Sekolah Zona Hijau dan Kuning Bisa PBM Tatap Muka


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), telah memberikan izin kepada sekolah yang berada di daerah yang masuk kategori zona kuning dan hijau penyebaran Covid-19. Hal tersebut sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), terkait panduan penyelenggara pembelajaran dimasa pandemi Covid-19.

Plt Dinas Pendidikan Dikbud Sultra, Asrun Lio menuturkan, meski mendapatkan izin daerah yang diperbolehkan melaksanakan proses belajar tatap muka. Namun, harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Sedangkan untuk satuan pendidikan yang berada di zona orange dan merah, saat ini dilarang melakukan pembelajaran tatap muka, dan tetap melanjutkan harus belajar dari rumah. Tapi yang tatap muka juga dilakukan secara bertahap, dimulai dari masa transisi selama 2 bulan pertama dan dilanjutkan masa new normal,” ungkapnya, Kamis (13/8).

Lanjut dia, pelaksanaan pembelajaran tatap muka bisa segera dimulai setelah sekolah dinyatakan telah memenuhi kesiapan dan protokol kesehatan. Bagi sekolah yang terindikasi dalam kondisi tidak aman, atau tingkat risiko daerah yang berubah, maka proses belajar tatap muka wajib ditiadakan kembali dan kembali melaksanakan proses Belajar Dari Rumah (BDR).

“Pihak satuan pendidikan dan sekolah juga harus memberikan kelonggaran kepada orang tua wali untuk memutuskan anaknya tetap melanjutkan belajar dari rumah atau tatap muka,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pelaksanaan pembelajaran praktik mata pelajaran produktif bagi peserta didik SMK diperbolehkan di semua zona dengan wajib menerapkan protokol kesehatan. Bagi satuan pendidikan yang melaksanakan belajar dari rumah dilakukan dengan pilihan alternatif tetap menggunakan Kurikulum Nasional 2013, kurikulum darurat atau kurikulum dalam kondisi khusus, atau melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri.

“Kurikulum darurat memuat kompetensi dasar yang telah disederhanakan untuk setiap mata pelajaran, sehingga berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya dengan ketentuan pelaksanaan kurikulum berlaku sampai akhir tahun ajaran,” terangnya.

Ia berharap, satuan pendidikan di daerah yang akan melaksanakan proses belajar tatap muka, harus meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan seluruh stakeholder pendidikan, layanan kesehatan, dan semua pihak untuk kesuksesan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, saat ini satu daerah di Sultra berada di status zona hijau, kemudian 13 daerah yang berstatus zona kuning, dan satu daerah berstatus zona merah. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy