Sekolah Diimbau Bijak Gunakan Dana BOS – Kendari Pos
Edukasi

Sekolah Diimbau Bijak Gunakan Dana BOS

Asrun Lio (enam dari kiri), berfoto dengan para guru saat berkunjung ke salah satu sekolah di Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Sesuai revisi Juknis alokasi dana BOS 2020, Dikbud Sultra membolehkan penggunaan BOS untuk pemenuhan kuota internet sebagai penunjang Proses Belajar Mengajar (PBM) dari rumah. Hal itu disampaikan Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio, kemarin (6/8).

“BOS Boleh digunakan asalkan sesuai dengan kebutuhan dari siswa dan juga guru. Jangan sampai pembolehan ini juga ditujukan tidak sesuai dengan kebutuhan atau kondisi di lapangan. Misalnya, sekolah yang ada di wilayah signalnya tidak ada atau kurang bagus maka tentu tidak bisa menggunakan dana BOS ini untuk pembelian kuota internet guru dan siswa. Sebab, PBM yang mereka lakukan pastinya dihelat secara Luring. Karenanya, bagi sekolah yang PBM nya masih secara Luring bisa menggunakan dana BOS untuk penguatan PBM Luring siswa dari rumah. Seperti, memperbanyak buku pelajaran yang bisa di pinjamkan ke siswa,” ungkapnya.

Kendati ada pembolehan penggunaan dana BOS dari pemerintah, Asrun tetap mengimbau seluruh sekolah untuk menggunakanya secara bijak. Pasalnya, tidak semua dana BOS diperuntukan bagi pembelian kuota internet saja. Terdapat banyak kebutuhan-kebutuhan sekolah lainya yang juga perlu menggunakan dana BOS sebagai penunjang berlangsungnya PBM.

“Selain pembelian paket data bagi siswa dan guru, sekolah juga perlu memperhatikan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang juga urgen bila tidak terpenuhi,” tuturnya.

Diakui Akademisi UHO tersebut, selama PBM secara Daring berlangsung di Sultra, hampir seluruh sekolah khususnya di Kota Kendari telah memprogramkan pembagian kuota internet untuk siswa dan guru.

“Berdasarkan laporan yang masuk pada saya, hampir seluruh sekolah di Kota Kendari telah membagikan kuota gratis bagi siswa. Hal ini dilakukan hampir 100 persen sekolah yang melakukan PBM Daring. Sehingga kuota internet menjadi suatu kebutuhan,” tuturnya.

Untuk itu, sekali lagi ia mengingatkan agar kepala sekolah yang ada di Sultra untuk bijak menggunakan dana BOS di tengah pandemi Covid-19. “Mari bersama-sama kita sukseskan PBM ini, meskipun saat ini kita dihadapkan oleh situasi yang sedang tidak normal. Namun, hal ini tidak boleh menjadi penghalang bagi anak-anak Sultra berhenti menuntut ilmu,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy