Rusman Emba : Pemda akan Dibenahi Jalan di Kabangka dan Bangun Pabrik Jagung – Kendari Pos
Muna

Rusman Emba : Pemda akan Dibenahi Jalan di Kabangka dan Bangun Pabrik Jagung

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna, LM. Rusman Emba memastikan jalan poros Lahorio-Komba-komba di Kecamatan Kabangka akan segera dibenahi tahun ini. Ruas tersebut ditargetkan berfungsi sebelum pergantian tahun anggaran. Selain itu, di wilayah tersebut juga akan dibangun pabrik pengolahan jagung kuning. LM. Rusman Emba menyampaikan hal itu saat menghadiri pertunjukan seni kuda lumping dari komunitas masyarakat Jawa di Desa Sarimulyo, Kecamatan Kabangka, Rabu (26/8). Kegiatan tersebut digelar masih dalam rangka perayaan kemerdekaan. Rusman menjelaskan, pembenahan jalan Kabangka meliputi pengaspalan dan pemeliharaan. Dana yang disiapkan sebesar Rp 3 miliar.

“Kita upayakan agar jalan yang menjadi akses utama kecamatan ini akan difungsionalkan dulu. Bulan depan sudah akan dikerjakan,” janjinya. Rusman menyebut jalan Kabangka sebenarnya sudah masuk dalam prioritas pengerjaan sejak awal tahun ini. Namun karena kebijakan refocusing akibat Covid-19, anggaran yang disediakan sedikit mengalami perubahan. Kendati demikian, ia memastikan fungsionalisasi jalan tetap bisa dikerjakan tahun ini. “Tahun depan akan kita sempurnakan,” paparnya.

Mantan Ketua DPRD Sultra itu menyebutkan, wilayah Kabangka akan menjadi sentra pengembangan jagung kuning. Pemkab bersama salah satu investor sedang merancang pembangunan pabrik pengolahan jagung di Desa Komba-komba. Pabrik itu akan menunjang program industrialisasi pertanian jagung. “Sebenarnya akan dimulai Maret lalu, tapi diundur karena Covid. Mungkin Oktober ini bisa mulai,” urainya.

Kata dia, Kabangka memiliki potensi jagung yang menjanjikkan. Komoditas itu juga telah mengantarkan prestasi membanggakan dengan meraih peringkat terbaik nasional melalui program inovasi program unggulan desa (Prudes) Lakandito. Pemerintah memastikan menaruh perhatian serius pada pengembangan Kabangka sebagai sentra pertanian. “Kuncinya satu, jaga kebersamaan dan persatuan agar program yang sudah kita mulai bisa disempurnakan,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy