Rony Yakob Laute : 272 Paket Dilelang, 1,439 Triliun Anggaran Teken Kontrak – Kendari Pos
Metro Kendari

Rony Yakob Laute : 272 Paket Dilelang, 1,439 Triliun Anggaran Teken Kontrak

KENDARIPOS.CO.ID — Strategi Pemprov Sultra menggenjot serapan anggaran mulai terlihat. Tender pengadaan barang dan jasa yang sempat menjadi penyebabnya minimnya serapan anggaran di triwulan kedua, kini sudah bisa diatasi. Saat ini, 306 paket yang ditayangkan melalui Sistem Rencana Umum Pengadaan (Si-RUP) telah ditender. Sebanyak 272 paket telah rampung dan 34 paket masih tahapan lelang.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sultra, Rony Yakob Laute mengatakan paket yang telah dikontrak telah mencapai 90 persen. Ditargetkan proses tender di seluruh OPD bisa dirampungkan tanggal 28 Agustus. “Memang sempat dipertanyakan oleh Gubernur. Sebab serapan anggaran Sultra sendiri memang agak rendah. Namun Alhamdulillah, sudah bisa diatasi. Insya Allah, seluruh paket di APBD reguler sudah selesai tanggal 28 Agustus,” kata Rony Yakob Laute, Senin (24/8).

Untuk memaksimalkan serapan, perlu dilakukan percepatan tender melalui regulasi. Sebab hal ini ikut mempengaruhi perekonomian daerah. Di luar anggaran refocusing, tinggal 34 paket yang masih proses tender. 32 paket sumber anggarannya dari APBD dan 2 paket dari APBN.
“Total pagu anggaran yang ditender sekira Rp 1,445 triliun. Terdiri dari APBD Rp 1,439 triliun dan APBN Rp 15,6 miliar,” jelas mantan Pj Bupati Muna Barat (Mubar) ini.

Diakuinya, ada beberapa paket yang ditunda akibat refocusing. Namun baru akan terlihat di perubahan. Begitu pun paket yang terlanjur ditender padahal anggarannya telah dialihkan. “Kami sempat dihearing persoalan ini. Namum kami jelaskan BPBJ tak miliki kewenangan membatalkan tender. Sebab sudah menjadi SOP-nya. Jadi, paket yang telah ditayangkan akan ditender oleh sistem. Yang bisa membatalkan itu OPD terkait melalui surat resminya,” jelasnya.

Jika merujuk pada aturan sambungnya, penyedia atau pengusaha tidak boleh menuntut jika anggaran paket itu tidak ada dalam APBD. Tetapi aturan tetap membuka peluang dikompromikan antara Kuasa Penguna Anggaran dan penyedia untuk dianggarkan di tahun berikutnya. “Insya Allah, tender seluruh paket bisa dirampungkan. Setelah itu, kita masuk di anggaran perubahan,” ujarnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy