Road to Fesyar Dihelat Besok, Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Road to Fesyar Dihelat Besok, Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah


KENDARIPOS.CO.ID — Road to Fesyar Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mengangkat tema “Mendorong Ekonomi Syariah Sebagai Penggerak Ekonomi Regional Pasca Penerapan New Normal”, akan dibuka pada tanggal 9 Agustus 2020.

Road to Fesyar dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan literasi masyarakat serta mendorong akselerasi ekonomi dan keuangan syariah (EKSyar) Sultra yang inklusif dan berkelanjutan. Pembukaan Road to Fesyar akan menandakan dimulainya rangkaian kegiatan Road to Fesyar yang terdiri dari seminar dan business coaching dengan topik terkini dan menarik.

Asisten Direktur BI Kantor Perwakilan (KPw) Sultra, Surya Alamsyah mengatakan, penyelenggaraan Road to Fesyar kali ini berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya dikarenakan pandemi Covid 19. Road to Fesyar akan mengusung konsep virtual di seluruh rangkaian acara di mana masyarakat umum dapat berpartisipasi pada setiap kegiatan.

“Berbagai hadiah menarik telah dipersiapkan untuk peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan Road to Fesyar Sultra 2020,” ujar Surya Alamsyah, Jumat (7/8).

Kata dia, Potensi Pengembangan Ekonomi Syariah Sebagai Penggerak Ekonomi Sultra menjadi topik pembuka dalam seminar yang akan diadakan pada 9 Agustus 2020 yang merupakan bagian dari rangkaian acara pembukaan Road to Fesyar. Kemudian seminar akan dilanjutkan pada 11 Agustus 2020 dengan topik menarik lainnya yakni Pemberdayaan Ekonomi Produktif Melalui Pemberdayaan Ziswaf. Di hari berikutnya, topik yang diangkat yaitu Akses Pembiayaan Syariah dan Fintech Syariah serta business coaching untuk pelaku UMKM.

Dijelaskan Surya, penyelenggaraan Road to Fesyar merupakan wujud nyata konsistensi dukungan Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional, yang dirumuskan dalam tiga pilar yang saling terkait dan diperkuat dengan optimalisasi teknologi digital. Pertama, pemberdayaan ekonomi syariah dengan strategi utama pengembangan ekosistem halal value chain (HVC). Kedua, pendalaman pasar keuangan syariah. Ketiga, penguatan riset, asesmen dan edukasi.

“Ketiga hal tersebut membutuhkan sinergitas dari kita semua sehingga dapat efektif dalam mendukung Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi syariah dunia. Selain itu, upaya yang istiqomah dalam mendorong ekonomi syariah diyakini dapat berkontribusi positif bagi pemulihan ekonomi nasional,” tandasnya.

Sebagai informasi, Road to Fesyar terselenggara atas kolaborasi antara Bank Indonesia (BI) dengan lemerintah daerah di Sultra, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sultra, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sultra, ASBISINDO Sultra, serta pemangku kepentingan lainnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy