Realisasikan Program PEN, BRI Kendari Siapkan Salurkan Dana Kredit Usaha – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Realisasikan Program PEN, BRI Kendari Siapkan Salurkan Dana Kredit Usaha

KENDARIPOS.CO.ID — Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyalurkan Rp124 triliun demi relaksasi pembiayaan UMKM. Program Pemulihan ini bakal diberikan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Kepala BRI Cabang Samratulangi Kota Kendari, Edy Mutalib mengatakan, Program pemerintah ini sudah berjalan. Khusus di Kendari masyarakat yang memiliki usaha dan menjadi nasabah Bank BRI dapat segera mengajukan kredit tersebut. Bank BRI kata Edy memiliki Program KUR Ekstra, KUR Sumber MIKRO, Bantuan UMKM dan juga Kupedes Bangkit. Program ini dapat membantu pelaku UMKM untuk mengajukan kredit agar tetap membiayai usahanya.

“Kalau untuk KUR Ekstra untuk ibu rumah tangga yang sama sekali belum punya usaha dan belum pernah meminjam kredit maksimal sebesar Rp 10 juta,” tutur Edy dalam dialog Interaktif usai mengikuti Webinar di Posko Elfata Institute Kota Kendari.

Dia mengatakan, untuk BRI mencanangkan kluster-kluster usaha. Program pemulihan Ekonomi ini, merupakan langkah pemberian kredit terhadap para nasabah yang mengalami kesulitan modal. Untuk Kupedes Bangkit lanjut Edy, diberikan kepada nasabah karena usahanya terdampak Covid-19. Untuk kredit ini dapat diberikan sebesar Rp 25 juta.
“Keunggulannya, peminjaman Rp 25 juta tidak memiliki bunga sampai 6 bulan kedepan, hanya pokoknya saja. Setelah enam bulan barulah bunga dan pokoknya berjalan. Sementara itu untuk KUR Super Mikro peminjaman dapat diajukan samai Akhir Desember dengan 0 % Bunga,”tuturnya.

Dalam dialog Interaktif tersebut Ketua Asosiasi UMKM Kota Kendari, Roadiana Nurdin, mempertanyakan konsistensi pemerintah dalam hal ini Bank BRI Cabang Kendari sebagai pihak yang menyiapkan kredit. Rosdiana berharap pelayanan dapat dipermudah. Sebab sekitar 90 persen UMKM di Kota Kendari mengalami penurunan. “Kalau kami dari Asosiasi pelaku usaham berharap program yang diadakan BRI dan Program Pemerintah dapat membantu pelaku usaha di Kota Kendari,”katanya.

Sementara itu, Pendiri Elfata Sultra, Abd Rahmab Farisi berharap adanya bantuan pemerintah ini dapat memperbaiki perekonomian Indonesia terkhusus untuk Sulawesi Tenggara. Para pelaku usaha dapat kembali bangkit untuk memajukan usaha. Begitu pula untuk UMKM lainnya bisa kembali berbenah. “Iya, mudah-mudahan Bantuan dari Pemerintah ini dapat memperbaiki UMKM kita di Sultra,”katanya. (Ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy