Realisasi DAU Wakatobi Capai Rp 303 Miliar – Kendari Pos
Wakatobi

Realisasi DAU Wakatobi Capai Rp 303 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Hingga media 2020 lalu, serapan anggaran yang diplot dari dana alokasi khusus (DAK) di Kabupaten Wakatobi disebut masih berjumlah 31,13 persen. Namun angka tersebut berbeda dengan realisasi dana alokasi umum (DAU) yang sepanjang Januari hingga akhir Juli lalu telah melebihi 50 persen. DAU Wakatobi tahun ini sebanyak Rp 446 miliar. Sebagian dari dana ini sudah dibelanjakan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Juhaidin, menyebut, dari Rp 446 miliar yang ada, sampai akhir bulan Juli telah terealiasi sebesar Rp 303,6 miliar atau setara 57,58 persen. Seperti yang diketahui, terjadinya pandemi Covid-19 pada bulan Maret lalu memengaruhi postur APBD Wakatobi. Sehingga baik DAK maupun DAU terjadi pengurangan.

“Di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 35, anggaran kita sudah terpotong dari dua sumber lebih kurang Rp 105 miliar. Selain dari DAU, DAK kita juga sudah dikurangi. Sehingga APBD Wakatobi yang telah ditetapkan dalam Perda sebesar Rp 906 miliar ikut berkurang,” ujarnya, kemarin. Juhaidin mengaku sumber APBD dari bagi hasil dan pendapatan asli daerah serta dana transfer berkurang menjadi Rp 800 miliar. “Tapi ini kebijakan pusat. Tentu baik DAU dan DAK kita mengalami perubahan. Pada enam bulan pertama tahun ini realisasi DAU kita di atas 50 persen atau 57,58 persen,” tambahnya.

Yang dimaksudkan mantan Inspektur Wakatobi ini sudah penyesuaian karena telah dipotong untuk anggaran penanganan Covid-19 berdasarkan kebijakan nasional. Meski begitu, ada penambahan untuk DAK Wakatobi sebesar Rp 12 miliar. “Terdiri dari DAK Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lebih kurang Rp 8 miliar, Dinas Kelautan dan Perikanan kurang lebih Rp 1 miliar serta sekitar Rp 3 miliar untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Wakatobi,” rincinya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy