Realisasi DAK Wakatobi Baru Rp 57 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Realisasi DAK Wakatobi Baru Rp 57 Miliar

Juhaidin


KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan pengalihan sebagian dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020 untuk penanganan Covid-19, tak membuat realisasi anggaran tersebut tak dinikmati Pemerintah Daerah. Khusus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, DAK dalam pagu anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun ini sebanyak Rp 184,4 miliar.

Dari total DAK yang ada, sampai akhir Juli lalu realisasinya baru sebesar 31,13 persen atau Rp 57 miliar. Hal ini pun sudah dilaporkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kepala BPKAD Wakatobi, Juhaidin, menjelaskan, sebelum adanya pandemi Covid-19, APBD Wakatobi yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) kurang lebih Rp 906 miliar. “Sumbernya dari dana transfer, bagi hasil serta pendapatan asli daerah. Setelah ada pandemi, APBD kita jadi Rp 800 miliar karena kebijakan dari pusat untuk dialihkan. Sehingga itu memengaruhi realisasi DAK Wakatobi,” terangnya, akhir pekan lalu.

Selain ke Kemenkeu dan Pemprov Sultra, laporan enam bulan pertama kata mantan Inspektur Wakatobi ini juga sudah disampaikan pihaknya ke DPRD Wakatobi. Ini sebagai bahan untuk persiapan APBD Perubahan 2020.
Khusus DAK kata Juhaidin ada tambahan sesudah perubahan lalu lebih kurang Rp 12 miliar. Terdiri dari DAK Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) lebih kurang Rp 8 miliar, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sekitar Rp 1 miliar serta Rp 3 miliar untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi.

“Penambahan ini pada bulan Juni lalu dan akan dipersiapkan pada APBD Perubahan. Setelah itu dialokasikan sebagai pendapatan nanti. Tapi peruntukannya memang sudah ada. Misal Pariwisata itu sudah dialokasikan,” tutupnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy