Pusat Anggarkan Pembangunan KSPN di Wakatobi Rp 200 Miliar – Kendari Pos
Wakatobi

Pusat Anggarkan Pembangunan KSPN di Wakatobi Rp 200 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi untuk membangun kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), mulai terlihat. Usulan penataan KSPN Wakatobi dianggarkan Pemerintah Pusat sebesar Rp 200 miliar. Jika tak ada kendala, lelang pekerjaan tersebut akan dilakukan pada Desember 2020 mendatang. Pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sultra, Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Tim Konsultan RPIP yang menangani KSPN Wakatobi telah mengunjungi empat pulau besar di Wakatobi selama beberapa hari. Setelah melakukan survei dan melihat secara langsung kawasan yang akan dibangun, realisasi anggaran pembangunan KSPN ditargetkan pada awal tahun 2021 mendatang.

Muhammad Sadra, Seksi Pelaksanaan Wilayah II (Kepulauan), Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sultra, Kementerian PUPR, menyebut, anggaran Rp 200 miliar itu fokus untuk KSPN Wakatobi saja. Infrastruktur yang dibangun nanti tergantung dari masterplan detail engineering design (DED) yang akan dibuat tim konsultan. “Semoga konsultan bisa menghasilkan DED di awal Desember sehingga bisa langsung dilelang. Jadi tergantung berapa dari DED yang keluar biayanya. Bisa saja baru Rp 10 miliar atau Rp 50 miliar. Nanti susulannya akan dilelang reguler tahun 2021, paling lambat bulan Mei,” ungkapnya, Rabu (12/8).

Tahapan saat ini kata dia telah masuk pada rencana kerja (Renja) tahap satu. Informasinya bulan ini akan masuk pada Renja tahap dua. “Kalau sudah masuk tahap II, kami dari Balai akan melakukan sinkronisasi dengan Pemerintah Pusat. Jadi harapannya, setelah di Renja II teman-teman OPD Pemkab Wakatobi bisa menyiapkan pelengkapan terutama lahan dan DED-nya,” tambah Muhammad Sadra.

Sementara itu Ketua Tim Konsultan Masterplan KSPN Wakatobi, Widiastono Soepardjo, menjelaskan, setelah beberapa hari mengunjungi empat pulau, pihaknya sudah melihat potensi dari masing-masing wilayah. Di Pulau Binongko ada monumen 1.000 parang, dusun perajin besi dan dusun perajin tenun. “Salah satunya kampung pandai besi dan tentu sudah masuk dalam salah satu dokumen yang ada. Hari pertama kami kunjungi adalah Pulau Binongko. Bicara potensi semuanya bagus tapi kami harus menganalisa, menilai juga, mempertimbangkan pelaksanaan hingga pembiayaannya. Tapi memang semua pulau punya karakterisik masing-masing,” jelasnya.

Kadis Pariwisata Wakatobi, Nadar, menambahkan, kehadiran tim tersebut di daerah adalah bagian dari doa dan perjuangan pemerintah selama ini yang mulai terealisasi. “Keberpihakan pusat sangat luar biasa karena telah menetapkan Wakatobi masuk dalam 10 top destinasi prioritas nasional. Semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapan kita selama ini untuk pembangunan KSPN tercapai dengan baik dan sesuai harapan,” ungkap Nadar, kemarin. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy